Bakamla Babel Semakin Drikan Pos Keamanan Laut  untuk Meningaktkan Pengawasan
Kepala Bakamla Bangka Belitung, Letkol Leonardi Hilman saat melakukan kunjungan kerja di ruang Bupati Bangka Mulkan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengawasan keamanan laut Bangka semakin ditingkatkan oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pihaknya akan membangun pos keamanan di Lingkungan Nelayan II Kabupaten Bangka.

Letkol Leonardi Hilman, Kepala Bakamla Bangka Belitung, menyampaikan hal itu seusai melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bangka yang diterima langsung Bupati Bangka Mulkan.

Tugas Bakamla Sebagai Lembaga Keamanan Laut RI

Sebagai lembaga keamanan laut di bawah presiden RI kata dia, Bakamla mempunyai tugas dan kewenangan melakukan mengejar, menangkap dan menindak pelaku pelanggaran hukum di kawasan perairan laut dengan tetap berkoordinasi pihak kepolisian dan TNI AL.

"Didirikannya pos keamanan laut di Lingkungan Nelayan II Sungailiat untuk mempermudah akses pelayanan keamanan bagi masyarakat atau nelayan setempat," jelasnya.

Dia mengakui, dalam menjalankan tugas pengamanan maupun penindakan di perairan laut harus diperkuat dengan sinergitas semua unsur termasuk pemerintah daerah setempat.

"Sinergitas atau penguatan kerja sama dilakukan, guna meringankan tugas dan fungsi pengamanan di lapangan karena tidak mungkin kami bekerja sendiri tanpa mendapat dukungan pihak lain," jelasnya.

Pembangunan Pos Keamanan Laut di Sejumlah Daerah Bangka Belitung

Menurutnya, aman atau tidaknya suatu wilayah tidak dapat dilihat dari tingkat kejahatan namun dilihat dari jumlah kasus yang ditangani atau nol penangkapan.

"Pos keamanan laut juga akan didirikan di sejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan ditempatkan sejumlah personel dan satu unit kapal keamanan kapasitas yang disesuaikan serta peralatan pendukung lainnya," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.