Kilang Pertamina Bekerja Sama dengan Polda Sumsel Selenggarakan Vaksinasi bagi Anak
Polda Sumsel fasilitasi vaksinasi COVID-19 (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Layanan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun diselenggarakan oleh PT Kilang Pertamina Internasional III Plaju, Palembang, bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel). Kegiatan tersebut berjalan pada 11-15 Januari 2022.

Edy Januari Utama, General Manager PT KPI RU III Plaju, menyampaikan kegiatan vaksinasi ini merupakan wujud dukungan Pertamina terhadap kebijakan pemerintah mengenai penyelenggaraan Pendidikan Tatap Muka (PTM).

“Vaksin anak ini sebagai salah satu upaya untuk mempercepat herd immunity agar Indonesia benar-benar terlepas dari COVID-19,” kata Edy dalam pembukaan kegiatan vaksin di Gedung Ogan Pertamina RU III Plaju yang turut dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto.

Dalam kegiatan vaksin ini, pihaknya mendapatkan kuota sebanyak 2.500 dosis dengan target 300-500 anak per hari.

Sasaran Kegiatan Vaksinasi Anak oleh PT Kilang Pertamina

Adapun vaksinasi ini diberikan ke anak-anak dari pekerja Pertamina dan juga anak-anak yang tinggal di sekitar kilang.

Selain itu pihaknya juga melibatkan sejumlah sekolah dasar yang berada di sekitar kilang untuk mengikuti program vaksinasi ini.

Sebelumnya, Pertamina juga menggelar kegiatan vaksinasi untuk masyarakat umum kategori lansia dan remaja.


Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mengingatkan persyaratan pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi anak-anak yakni terpenuhinya target vaksinasi masyarakat umum sebesar 70 persen dan kelompok lanjut usia (lansia) sebesar 60 persen.

“Kami berharap semua pihak memberikan dukungan terhadap program vaksin karena kebijakan PTM 100 persen ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak demi kemajuan mereka,” kata dia. Saat ini peserta didik sudah hampir dua tahun tidak melakukan PTM.

Jaminan Kesehatan Menjadi Syarat Penyelenggaraan PTM

Namun, untuk mewujudkan pembelajaran secara tatap muka itu harus ada jaminan kesehatan dan imunitas terhadap anak dari bahaya paparan virus korona.

Ini penting mengingat anak-anak berkontak erat dengan kalangan rentan yakni kakek dan nenek mereka, kata Kapolda.

 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.