Dinkes OKU Menyiapkan 10 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 untuk Diberikan pada Anak-anak
Dinas Kesehatan OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 10 ribu dosis vaksin COVID-19 Sinovac disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Provinsi Sumatera Selatan untuk memvaksinasi anak-anak berusia enam sampai 11 tahun.

"Untuk tahap awal sudah tersedia 10 ribu (dosis vaksin) Sinovac. Kekurangannya nanti diajukan sesuai kebutuhan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto di Baturaja, Senin.

Vaksinasi COVID-19 pada anak usia enam sampai 11 tahun menurut jadwal dilaksanakan mulai Senin di seluruh sekolah dasar di wilayah OKU.

"Sasarannya sekitar 40 ribu siswa untuk divaksin dua tahap. Untuk jenis vaksin semuanya sama, sesuai instruksi Kementerian Kesehatan yaitu (vaksin) Sinovac," kata Andi.

Vaksin Sinovac untuk Anak-anak

Dia menjelaskan bahwa pemerintah memilih menggunakan vaksin buatan Sinovac untuk memvaksinasi anak-anak usia enam sampai 11 tahun antara lain karena kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) dalam penggunaan vaksin itu tergolong ringan. 

Vaksinasi COVID-19 pada anak akan dilakukan dengan cara menyuntikkan vaksin ke dalam otot tubuh pada bagian lengan atas. Penyuntikan vaksin dilakukan dua kali dengan interval minimal antara penyuntikan pertama dan kedua selama 28 hari.

Vaksin Sinovac Aman untuk Anak-anak dan Tidak Ada Efek Samping

Sebagaimana dalam vaksinasi pada kelompok sasaran yang lain, anak-anak juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendapat suntikan vaksin COVID-19.

"Orang tua tidak perlu khawatir karena vaksin Sinovac sudah terbukti aman dan tidak ada efek samping," kata Andi, menambahkan, hingga saat ini vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang digunakan di OKU sudah mencapai 303.036 dosis.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.