Dinas Kesehatan OKU Himbau Masyarakat Waspada Penyakit DBD, Mudah Menyebar di Musim Hujan
Dinas Kesehatan OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan , diminta oleh Dinas Kesehatan untuk waspada terhadap penyebaran penyakit demam berdarah (DBD). Apa saja penyakit DBD yang rentan menyebar saat musim hujan.

"Saat musim hujan penyakit ini mengintai masyarakat apalagi di kawasan padat penduduk," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, OKU, Rabu.

Penyakit DBD Mudah Menyebar saat Musim Hujan

Saat musim hujan terdapat banyak jenis udara sehingga jentik nyamuk aedes aegypti cepat berkembang biak dan menyebarkan penyakit kepada manusia.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk menerapkan pola 3 M yaitu menguras dan menutup bak penampungan air serta mengubur barang bekas.

Cara ini dianggap sangat efektif untuk mencegah penyebaran DBD agar tidak menyebar pada masyarakat khususnya anak-anak.

Selain menggunakan obat nyamuk, kata dia, masyarakat juga diminta memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi rumah agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

Data Kasus DBD di OKU

Berdasarkan data jumlah kasus DBD di Kabupaten OKU pada 2021 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yaitu hanya mengunjungi enam pasien anak dan dewasa Berdasarkan perawatan di rumah sakit setempat karena penyakit tersebut.

"Sedangkan pada tahun 2020 jumlah penderita DBD di OKU mencapai 21 kasus. Alhamdulillah untuk meninggal dunia tidak ada," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .