Pemkab Bangka Tengah Mencanangkan Program 10.000 Penerima Beasiswa, Membantu Anak dari Keluarga Kurang Mampu
Bupati Bangka Tengah menyerahkan bantuan beasiswa (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program 10.000 penerima beasiswa tengah dicanangkan oleh Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna membantu biaya pendidikan anak berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

"Ini program kami sejak awal terpilih menjadi bupati, sudah mulai direalisasikan dan untuk tahap awal ada sekitar 600 lebih anak penerima beasiswa," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Kamis.

Sasaran Bantuan Beasiswa Pelajar SD dan SMP di Bangka Tengah

Ia menjelaskan bantuan sosial berupa beasiswa itu diberikan kepada pelajar SD dan SMP/MTs dengan nilai Rp600.000 per pelajar.

"Bantuan beasiswa ini bagian dari upaya kami untuk meningkatkan IPM dan menekan angka putus sekolah," ujarnya.

Menurut dia, salah satu upaya meningkatkan akses dan mutu pendidikan sebagai prioritas pembangunan nasional, perlu mendorong pemerintah daerah dalam mengalokasikan dana bantuan beasiswa kepada peserta didik.

"Beasiswa juga untuk meringankan beban orang tua dalam kondisi pandemi COVID-19 dan membantu siswa untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran," ujarnya.

Bantuan Beasiswa Dapat Mendorong Pelajar Menjadi Berprestasi

Ia mengharapkan, bantuan beasiswa dapat mendorong berprestasi pelajar dan mendukung meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bangka Tengah secara menyeluruh.

"Prestasi adalah potensi yang dimiliki siswa, kita perlu dorong sehingga bisa berkembang maksimal,” ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.