Wamenkes Beri Kabar Vaksinasi Booster Dimulai 1 Januari 2022
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Boyolali (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

PALEMBANG - Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan , mengungkapkan vaksinasi booster COVID-19 atau dosis booster kepada masyarakat umum rencananya mulai disalurkan 1 Januari 2022.

"Untuk vaksinasi booster dimulai 1 Januari 2022. Saat ini kita sedang susun beberapa strategi booster ini akan melipatgandakan kebutuhan belanja vaksin vaksin," kata Dante Saksono Harbuwono di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dikutip Antara, Jumat, 11 Desember.

Dua Cara Pemberian Vaksinasi Booster

Dante mengatakan terdapat dua strategi pemberian vaksinasi booster kepada masyarakat umum, yakni menyasar Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang akan diberikan secara gratis dan vaksinasi booster berbayar kepada masyarakat non-PBI.

Penyuntikan vaksinasi booster melibatkan fasilitas pelayanan kesehatan swasta, sementara pelibatan TNI-Polri sebagai vaksinator di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah untuk melakukan vaksin dosis dua.

Kemenkes Sedang, Serosurvei

Dante mengatakan Kemenkes bersama akademisi sedang melakukan uji analisis statistik serosurvei. "Serosurvei adalah cara untuk melihat jumlah antibodi pada seseorang yang telah terinfeksi COVID-19 atau sudah dapat vaksinasi. Itu akan terindentifikasikan tingkat kekebalan di masyarakat,".

Ia menambahkan hasil serosurvei akan menentukan kebijakan pemerintah lebih mendalam tentang panduan teknis dan pelaksanaan program booster di.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .