Sabu-sabu 7,7 Kg Dimusnahkan oleh Polda Sumsel, Hasil Sitaan dari Sembilan Tersangka
Tersangka pengedar dan bandar narkoba yang ditangkap Polda Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Barang bukti narkoba jenis sabu-sabu sejumlah 7,7 kg dimusnahkan oleh Polda Sumatera Selatan. Barang tersebut disita dari sembilan pengedar dan bandar narkoba yang dibekukan selama November-Desember 2021.

Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu itu dilakukan di ruangan Ditresnarkoba Polda Sumsel, Palembang, Kamis, dengan cara dilarutkan menggunakan blender.

Sebelum dimusnahkan, sabu-sabu diperiksa oleh petugas Laboratorium Forensik Cabang Polda Sumsel untuk mengecek kadar amphetamine dan methamphetamine yang terkandung di dalamnya, setelah dipastikan hasil pengecekan barang bukti tersebut mengandung narkoba jenis sabu-sabu langsung dimusnahkan.

Cara Polda Sumsel Memusnahkan Barang Bukti Narkoba

Kasubbid Penmas Polda Sumsel Kompol Erlangga pada kesempatan itu menjelaskan bahwa pemusnahan barang bukti kejahatan narkoba itu dilakukan dengan cara dilarutkan dalam air yang dicampur deterjen menggunakan blender.

Pemusnahan bukti kejahatan narkoba sebagai bentuk transparansi kepada publik, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 91 dan Pasal 45 ayat (4) KUHAP, benda sitaan yang terlarang atau dilarang untuk mati harus dimusnahkan.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang, kerjasama bersama instansi terkait terus berupaya melakukan kejahatan narkoba untuk memasarkan barang terlarang itu sebagai upaya narkoba dan peredaran gelap narkoba.

Pemberantasan Narkoba di Sumsel Lebih Digencarkan Lagi

Pemberantasan narkoba di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini, akan lebih digencarkan lagi karena kasusnya cenderung meningkat dan peredarannya berbagai lapisan masyarakat.

Untuk melakukan narkoba, menggencarkan operasi kepolisan, selain mengharapkan harapan masyarakat untuk melaporkan kepada petugas terdekat jika mengetahui dan peredaran narkoba di sekitar kawasan dan tempat lain, kata dia pula.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .

Terkait