PPA Sumsel Gelar Pelatihan Kewirausahaan bagi 100 Ibu Tunggal di Palembang
Pelatihan kewirausahaan PPA Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program pelatihan kewirausahaan diberikan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Selatan (PPA Sumsel) bagi ibu yang menjadi orang tua tunggal.

Henny Yulianto, Kepala Dinas PPA Sumsel, di Palembang, Senin mengatakan dengan menjadi pengusaha diharapkan ibu-ibu  tersebut menjadi bisa lebih kreatif dan inovatif sehingga dari penghasilannya  dapat mencukupi kebutuhan hidup anak-anaknya.

“Kami terus berupaya meningkatkan kemampuan ibu-ibu yang berstatus janda ini dalam berwirausaha. Supaya perekonomian mereka tercukupi,” kata dia dikutip VOI Sumsel dari Antara. 

Ibu Single Parent di Sumsel Mendapat Pelatihan Wirausaha

Menurutnya, selama mengikuti program pelatihan ini ibu-ibu itu dilatih secara khusus oleh mentor-mentor berkompeten dalam urusan berwirausaha, yang mana merupakan mitra di bawah koordinasi kedinasannya

Selama pelatihan para mentor itu memberikan pemahaman mulai dari teori kewirausahaan hingga kebagian produksi barang jadi dan pemasarannya

Barang jadi tersebut meliputi makanan seperti pempek dan kue basah kemudian pengemasan dan pemasaran.

“Sebagian besar mungkin sudah paham urusan produksi, tapi banyak yang minim pemahaman cara pemasaran yang efektif dan efisien khususnya dalam pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

Guru Honorer di Palembang Kembangkan Usaha Kuliner

Setelah mendapatkan keilmuannya melalui pelatihan ini, lanjutnya, diharapkan setiap ibu-ibu tentu bisa mengajarkan kembali ke rekannya masing-masing. Sehingga semakin banyak yang akan mendapatkan manfaatnya.

Sementara itu, peserta Reni Ismawati warga Kecamatan Ilir Barat II Palembang, mengatakan, dirinya mendapatkan wawasan baru untuk memantapkan dirinya menjadi seorang pewirausaha baru.

Ibu anak dua tersebut, mengaku saat ini sedang mengembangkan bidang usaha kuliner untuk menambah pendapatan, sebab pendapatannya sebagai seorang honorer guru sangat pas-pasan.

“Saya menjadi tulang punggung tunggal anak-anak saya yang bersekolah setelah ayah mereka meninggal dunia lima tahun silam. Wawasan saya bertambah setelah pelatihan ini, mudah-mudahan hasilnya maksimal,”katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.