7 Aktivitas di Rumah yang Menyenangkan Bersama Anak-Anak Agar Tidak Bosan
Ilustrasi aktivitas menyenangkan bersama anak di rumah (Pexels/Tatiana Syrikova)

Bagikan:

PALEMBANG- Tempat paling nyaman dan aman bagi setiap keluarga adalah rumah, khususnya untuk anak-anak. Untuk mengatasi rasa bosan, orang tua bisa melakukan aktivitas menyenangkan yang dilakukan di rumah.

Meskipun tetap membutuhkan berelasi secara sosial, tetapi kesehatan anak bukankah paling utama. Artinya, sesekali tak masalah bermain di luar rumah dan mengisi akhir pekan dengan 7 tips aktivitas berikut.

  1. Traveling virtual

Sejak pandemi, berbagai respons dilakukan termasuk inovator platform traveling. Lebih menyenangkan lagi, Anda dan anak-anak bisa berpindah tempat dari meja kerja menuju ruang televisi untuk menikmati tur ke museum, galeri seni, dan one spot destination yang memiliki platform traveling virtual.

  1. Bersepeda keliling komplek

Bersepeda semenjak pandemi merupakan aktivitas populer. Sebab, melintasi rute-rute yang bisa diakses pesepeda tentu bukan rute yang riuh dan padat. Bahkan, jika Anda tertarik menyiapkan rute dahulu. Maka pilih tempat-tempat terbuka untuk singgah sebentar bersama anak-anak.

Paling aman, pilih tempat terbuka dan tidak ramai pengunjung. Ini bisa bermanfaat membuat Anda refreshing sekaligus menyenangkan bagi anak-anak.

3. Membuat kue

Membuat kue atau baking bisa melatih gerakan motorik halus anak-anak. Jika khawatir repot dan menghabiskan banyak budget untuk bahan, Anda bisa memilih kue yang paling sederhana dengan hanya membutuhkan 3 hingga 5 bahan saja.

4. Menonton film serial

Diskusikan dengan anak-anak dahulu sebelum memutuskan film serial yang bisa ditonton bersama sekeluarga. Anda bisa memberi opsi, misalnya film animasi, film tiga dimensi, atau jenis film serial keluarga yang ramah pada anak.

5. Berkebun

Bagi orang tua yang memiliki banyak koleksi tanaman hias maupun tanaman berbuah dapat melibatkan anak untuk turut serta mengeksplorasi dan merawat tanaman. Anda bisa mengajarkan bagaimana menyiram dengan tepat, repotting, atau menata tanaman.

6. Bermain peran

Apabila buah hati mendekati usia sekolah, dapat beraktivitas menyenangkan pada akhir pekan meski di rumah dengan bermain peran. Orang tua dapat mengenalkan sejumlah profesi, seperti dokter, pilot, guru, maupun pedagang.

7. Berkemah

Aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan adalah berkemah di dalam rumah atau di halaman. Apabila menggagas berkemah di dalam rumah, biarkan kreativitas anak berkembang dengan membangun tenda dari selimut.

Biarkan imajinasinya berkembang lewat pantikan pertanyaan, misalnya saat malam ada bulan dan siang matahari.

Selain 7 rekomendasi di atas, banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan. Pastinya libatkan anak untuk mengutarakan gagasannya tentang aktivitas apa yang ingin ia lakukan akhir pekan ini.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.