Kegiatan Kreatif yang Bisa Dilakukan Orang Tua Bersama Anak di Rumah, Sederhana dan Bermanfaat bagi Pertumbuhan Si Kecil
Ilustrasi kegiatan keluarga (August de Richellu/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Pola kehidupan atau aktivtias manusia menjadi berubah akibat adanya pandemi COVID-19. Orang-orang menjadi jarang bepergian ke luar rumah seperti biasanya. Menghirup udara segar dan merasakan hangatnya sinar matahari pun menjadi momen yang langka. Namun, di waktu lain Anda harus terkurung dalam rumah agar penyebaran kasus tak merajalela. 

Anda, sebagai orang tua mungkin bisa dengan cepat beradaptasi dengan perubahan keadaan ini. Tapi tidak dengan anak-anak. Mereka bisa saja mengalami demam kabin akibat terlalu lama terisolasi dalam rumah. Itulah mengapa untuk mengatasi terjadinya demam kabin pada anak, Anda harus menyiapkan aktivitas-aktivitas menyenangkan.

VOI telah menyusun daftar kegiatan favorit anak-anak sebagai titik awal. Pelajari sarannya, dapatkan inspirasi, dan beli semua komponen yang diperlukan sehingga ketika saat harus di rumah saja tiba, Anda sudah siap bereksplorasi bersama si kecil.

Buat DIY

Saatnya mengeluarkan semua spidol, lem, cat, tempat kertas, atau benda prakarya apapun yang Anda miliki di rumah dan biarkan anak-anak menjelajahi kreativitasnya. Setelah selesai, ambil karya seni 2D dan gantung pada tali atau benang dengan jepitan, pajang karya 3D di rak, dan ajak anak untuk jadi pemilik galeri seninya sendiri.

Main board game

Mungkin ide ini terdengar konyol, tetapi jika Anda benar-benar menginginkan waktu keluarga tanpa layar, papan gim masih bisa dilakukan. Bangkitkan semangat kompetitif Anda dan anak lalu bersiaplah untuk bermain.

Membuat kue

Hari-hari di dalam ruangan adalah waktu yang tepat untuk berkreasi di dapur. Siapkan semacam dessert bar buatan Anda sendiri dengan siapkan topping  yang dapat ditambahkan anak-anak ke cupcake atau es krim sundae.

Bermain puzzle

Menurut penelitian, bermain puzzle dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan kerja sama. Anda bisa ajak si kecil untuk menyusun puzzle, tak perlu tergesa-gesa untuk menyelesaikan. Susun beberapa keping puzzle sehari dan sisakan untuk hari selanjutnya.

Lakukan percobaan ilmiah

Anda dapat melakukan banyak eksperimen sains di rumah dengan sedikit persiapan. Seringkali dengan barang-barang yang bisa Anda ambil dari sekitar rumah. Misalnya, jika Anda meletakkan krim cukur sebagai awan di atas toples berisi air, lalu menambahkan tetes air biru satu per satu, ketika "awan" menjadi jenuh, Anda mendapatkan hujan biru dan siklus air dalam toples pun bisa terciptakan.

Membuat pizza

Libatkan semua orang dalam membuat makan malam dengan menyiapkan adonan pizza pribadi untuk setiap anggota keluarga. Setiap orang dapat menambahkan topping mereka sendiri. Pasti seru, bukan?

Nonton film atau acara TV

Anda tentu khawatir tentang screen time pada anak. Untuk itu menonton film dan acara TV selalu menjadi pilihan terakhir. Tetapi jika Anda terjebak di dalam ruangan untuk waktu yang lama dan bingung harus lakukan apa, maka bisa sesekali nonton film atau acara TV. Manfaatkan setiap detik screen time dengan memastikan Anda memilih acara TV dan film anak-anak terbaik yang tersedia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.