Pemkab Bangka Tengah Kembangkan Pembangunan Dermaga Nelayan di Kurau
Pemkab Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pembangunan dermaga tambatan perahu nelayan di Desa Kurau terus ditingkatkan oleh Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Pemprov Babel dan pada 2022 mulai dilakukan peningkatan pembangunan dermaga nelayan di muara Sungai Kurau," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Minggu.

Pembangunan Dermaga dan Fasilitas di Desa Kurau Membuatuhkan Biaya Besar

Peningkatan pembangunan dermaga dan beberapa fasilitas pendukung lainnya di Desa Kurau membutuhkan dukungan Pemprov Babel karena menelan biaya cukup besar.

"APBD kita tentu belum mampu, maka butuh dukungan dari Pemprov Babel dan sudah disetujui pada 2022 mulai berjalan," ujarnya.

Bupati menjelaskan, pada 2022 tidak hanya peningkatan pembangunan dermaga nelayan saja tetapi juga fasilitas pendukung lainnya.

"Kita juga akan melakukan relokasi sejumlah rumah penduduk di sekitar dermaga, karena terkena pembangunan perluasan dermaga," ujarnya.

Pembangunan DAM dan Jetty Dermaga di Desa Kurau

Selain itu, juga akan dibangun dam penahan sedimentasi di tiga titik dan pembangunan jetty.

"Jetty dermaga ini merupakan bangunan tegak lurus yang menjorok ke laut untuk membatasi dan mengurangi endapan sedimen yang mengendap di pantai," jelasnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.