Penderita Diabetes Tanpa Kondisi Akut Boleh Menerima Vaksinasi COVID-19; Ini Penjelasan Vaksinolog
Tangkapan layar diskusi ANTARA dengan tema “Kupas Tuntas Vaksin COVID-19” bersama dr. Dirga Sakti Rambe M.sc, Sp.PD (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Dirga Sakti Rambe, dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog, menyampaikan bahwa vaksinasi COVID-19 boleh diberikan kepada penderita diabetes yang tidak memiliki kondisi akut.

“Selama tidak ada penyulit atau kondisi yang akut misalnya infeksi berat atau ada luka yang besar itu boleh vaksinasi COVID-19. Tetapi jika ada kondisi tersebut, maka vaksinasinya ditunda,” kata dr. Dirga dalam diskusi ANTARA dengan tema “Kupas Tuntas Vaksin COVID-19” di Jakarta, dilansir Antara, Kamis, 29 Juli

Prosedur Vaksinasi COVID-19 bagi Penderita Diabetes

Dia mengatakan bahwa ‘screening’ sebelum melakukan vaksinasi COVID-19 bagi penderita diabetes sebenarnya sudah disederhanakan. Hal itu mengingat, di beberapa daerah cukup sulit untuk sekadar melakukan cek gula darah, ujarnya.

Jika sebelumnya patokan bagi penderita diabetes sebelum melakukan vaksinasi adalah tingkat gula darah, dr. Dirga mengatakan bahwa saat ini vaksinasi dapat dilakukan jika tidak memiliki kondisi akut seperti infeksi berat.

Vaksinolog pertama di Indonesia itu juga mengatakan, baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2, diperbolehkan melakukan vaksinasi COVID-19.

“Diabetes ada tipe 1 dan tipe 2, keduanya boleh vaksinasi COVID-19, tidak ada masalah,” kata dr. Dirga.29 Jul 2021 15:17

Namun, dr. Dirga tetap menganjurkan kepada penderita diabetes untuk melakukan cek ke dokter sebelum melakukan vaksinasi COVID-19 karena kalangan tersebut memang harus rutin mengetahui bahwa kondisinya terkontrol dengan baik.

Efek Samping Setelah Vaksinasi COVID-19 Menurut Penjelasan Dokter

Selain itu, dr. Dirga juga menjelaskan mengenai efek samping atau yang disebut dengan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) setelah vaksinasi COVID-19 seperti demam, sakit kepala, hingga rasa pegal. Dia mengatakan hal itu menandakan merupakan respons tubuh yang sedang membentuk antibodi.

“Itu sebetulnya adalah tanda bahwa vaksin itu bekerja, bahwa tubuh kita merespons sedang membentuk antibodi,” katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa manfaaat vaksinasi COVID-19 jauh lebih besar dari pada kemungkinan timbulnya efek tersebut serta efektif dalam mencegah timbulnya penyakit yang berat.

“Sekurang-kurangnya vaksin masih efektif dalam mencegah penyakit yang berat termasuk kematian akibat COVID-19 dan itu sangat penting pada masa pandemi ini,” ujar dr. Dirga.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.