Cegah Hepatitis Akut yang Makin Menyebar, Wawako Palembang Minta Masyarakat Tingkatkan Pola Hidup Sehat
Wawako Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Fitrianti Agustinda, Wakil Wali Kota Palembang, meminta masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan supaya menjaga dan perhatian pada pola hidup sehat. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) digencarkan agar dapat mencegah hepatitis akut yang mulai menyebar di beberapa daerah.

"Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini dan ancaman penyakit hepatitis akut, dengan PHBS dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan bisa mencegah tertular penyakit tersebut," kata  Fitrianti, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan PHBS, pihaknya berupaya menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat.

Masyarakat yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota setempat harus memperhatikan indikator PHBS dan mewaspadai gejala awal Hepatitis akut seperti diare, mual, muntah, sakit perut, dan demam ringan.

Langkah Menangani Penyakit Hepatitis Akut

Jika warga merasakan gejala awal tersebut harus segera memeriksakannya ke puskesmas ataupun rumah sakit terdekat agar bisa ditangani dengan cepat dan penyakitnya tidak semakin parah.

Melalui upaya tersebut dapat mendukung Gerakan Indonesia Sehat serta bagian dari strategi untuk mengurangi beban negara dan warga Palembang dalam pembiayaan kesehatan, ujarnya.

Pemkot Palembang Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Antisipasi Penyakit Hepatitis Akut

Menurut dia, Pemkot Palembang sekarang ini telah meningkatkan kesiapsiagaan tenaga medis dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Kesiapsiagaan fasilitas pelayanan kesehatan itu diterapkan sebagaimana instruksi dari Kementerian Kesehatan melalui Surat Edaran yang diterima beberapa waktu lalu, kata Wawako Fitrianti Agustinda.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.