12 Tim Sudah Melangkah ke-16 besar Euro 2020, Tinggal Menunggu 4 Negara Lagi di Laga Terakhir
Ilustrasi - Timnas Spanyol saat menjalani latihan di Ciudad del Futbol Las Rozas, Madrid, Spanyol, 22 Juni 2021. ANTARA/REUTERS/Sergio Perez

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah12 tim sudah melangkah ke babak 16 besar EURO 2020. Timnas yang lolos tersebut berhasil unggul dan menaklukkan lawan-lawan satu grupnya. Rabu malam dan Kamis dini hari nanti menjadi pertandingan terakhir Grup E dan F.

Timnas lolos tersebut terdiri dari Delapan tim yang merupakan peringkat dua teratas di keempat grup yang telah selesai berlaga di fase grupnya. Kemudian doa tim berperingkat terbaik. Lalu dua tim yang sudah pasti ke-16 besar tapi belum menyelesaikan pertandingan terakhir fase grupnya.

12 Tim yang Tembus ke Babak 16 Besar EURO 2020

Ke-12 tim itu adalah  Italia, Belgia, Belanda dan Inggris  yang masing-masing menjuarai Grup A, B, C, dan D.

Kemudian disusul empat runner up dari keempat grup itu, yakni  Wales  dari Grup A,  Denmark  dari Grup B,  Austria  dari Grup C, dan  Kroasia  dari Grup D.

Kemudian dua tim yang dipastikan masuk kelas empat tim berperingkat tiga terbaik yang berhak lolos ke 16 besar. Keduanya adalah  Swiss  dari Grup A dan  Republik Ceko  dari Grup D.

Swedia  dan  Prancis yang sama-sama memuncaki grupnya dan mengemas 4 poin, adalah dua tim yang pasti ke 16 besar meskipun belum menyelesaikan laga terakhirnya. Kedua tim ini tetap lolos sekalipun kalah pada pertandingan terakhirnya.

Pertandingan Grup E dan F

Dengan demikian, tinggal empat tim lagi yang memenuhi kecukupan 16 tim yang berhak ke-16 besar.

Empat tim yang menjadi calon calon terkuat merebut empat jatah tersisa adalah  Spanyol  jika mengalahkan Slovakia, dan  Polandia  jika mengalahkan Swedia di Grup E.

Kemudian,  Jerman  jika seri atau mengalahkan Hungaria, dan  Portugal  jika seri atau mengalahkan Prancis di Grup F.

Timnas Portugal dan Jerman masih lolos jika kalah dalam laga terakhir, apabila semua tim di peringat ketiga dalam Grup E dan F mengantongi poin 3.

Spanyol juga masih otomatis jika seri, kalah otomatis akan membuat tereliminasi, sementara seri dan apalagi jika kalah otomatis membuat Polandia melupakan angan-angan 16 besarnya

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .