PT Bumi Mekar Hijau Edukasi Warga Sekitar Konsesi Mengenai Mitigasi Karhutla
Petugas Regu Pemadam Kebakaran (RPK) APP Sinar Mas memeriksa peralatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - PT Bumi Mekar Hijau, salah satu perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan , operasi kebakaran kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara rutin. Kegiatan tersebut diberikan kepada masyarakat sekitar wilayah konsesi.

Mares Prabadi, Fire Operation Management Head APP Sinar Mas Region Kabupaten OKI, menyampaikan PT BMH yang merupakan mitra pemasok APP Sinar Mas diminta pemerintah aktif dalam kegiatan mitigasi kebakaran hutan dan lahan ( karhutla ) pada 2021.

Sejumlah kasus karhutla saat ini mulai ditemukan di Sumatera Selatan karena sudah memasuki musim kemarau ini.

Tiga Kabupaten di Sumsel yang Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel menyebutkan sebanyak tiga kabupaten masuk rawan bencana kebakaran Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir.

Ia mengatakan BPBD meminta pengawasan di lapangan terus ditingkatkan, bekerja sama dengan sejumlah perusahaan HTI di kawasan tersebut.

Untuk itu, PT BMH dalam kegiatan edukasi dan sosialisasi bahaya karhutla ini mengoptimalkan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) di setiap distrik.

“Kami (APP Sinar Mas) selalu menegaskan kepada mitra kerja untuk bertanggung jawab dalam menjaga lokasi kerja dari karhutla. Selain itu harus ikut serta dalam pemadaman jika ada kebakaran,” kata dia.

PT BMH Diharapkan Pelatihan Penanganan Karhutla Kepada Pemuda

Pada 29 Mei 2021 telah dilakukan sosialisasi karhutla kepada masyarakat desa sekitar konsesi PT BMH di Desa Tulung Seluang.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat berkumpul dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kami memberikan pemahaman mengenai bahaya dan dampak karhutla, hingga sanksi pidana bagi pelaku karhutla serta edukasi mengenai pembukaan lahan tanpa bakar,” kata Mares.

Kepala Desa Tulung Seluang, Aslan, mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang rutin dilakukan PT BMH.

berharap PT BMH gencar menggelar pelatihan penanganan Karhutla kepada pemuda. Program Desa Makmur Peduli Api tersebut dapat menjadi bekal penanganan bencana secepatnya dan karhutla.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .