Menperin Dorong IKM Produk Muslim, Target Indonesia Menjadi Produsen Produk Halal Terbesar di Dunia
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada membuka acara Pameran produk halal yang digelar virtual (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian (Menperin), menyampaikan Industri Kecil Menengah (IKM) produk muslim Indonesia berpotensi besar tembus pasar dunia.

“Kesempatan pelaku IKM Indonesia untuk masuk pasar dunia sangat besar, sayang jika kita tidak menggunakan potensi ini. Maka ITU, kami fasilitasi DENGAN Pameran ii-Motion agar Produk Indonesia can Menembus eksport ,”kata Menperin Agus Gumiwang PADA Pembukaan Pameran ii-Motion Beroperasi virtual, Kamis.

Indonesia Didorong Menjadi Produsen Produk Halal Terbesar di Dunia

Untuk itu Menperin mendorong pertumbuhan produk IKM muslim, memperkuat citra Indonesia sebagai pemain penting dalam industri halal dunia, serta mendukung upaya Indonesia untuk menjadi produsen produk halal terbesar di dunia.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan kebutuhan masyarakat terhadap produk dan jasa berlabel halal semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya kesadaran terhadap kualitas, keamanan dan kesehatan produk yang dikonsumsi.

Produk Halal Indonesia Diprediksi Menjadi Rebutan Negara-negara Besar Asia

Menurut Gati, legitnya pasar industri produk halal global ini memang tidak dikerubuti oleh negara dengan mayoritas muslim, seperti Indonesia dan Malaysia.

“Saya yakin kita bisa mengambil bagian pasar produk halal, paling tidak sebagai pemain utama di Asia,” ujarnya.

Barang-barang halal produksi Indonesia digadang-gadang akan menjadi rebutan perusahaan-perusahaan dari negara Jepang, China, Filipina, Thailand, Australia, dan Korea Selatan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .