Film Tjoet Nya’ Dhien Tayang Ulang, Diputar di Lima Bioskop Jakarta
Film Tjoet Nja' Dhien (Foto: IG @christinehakimofficial)

Bagikan:

PALEMBANG - Film Tjoet Nja 'Dhien ditayangkan ulang di bioskop Tanah Air. Pahlawan film perempuan asal Aceh tersebut diputar berterpatan dengan Hari Kebangkitan Nasional mulai tanggal 20 Mei 2021 di Jakarta.

Film tersebut pertama kali disuguhkan 33 tahun silam, yakni pada tahun 1988. Kini sudah mengalami restorasi menyeluruh di Belanda. Format pita seluloid sudah ditransformasi ke DCP, sehingga gambar lebih kinclong dan detail warna juga semakin tajam. 

Christine Hakim mengungkapkan, jika tidak ada aral melintang, rencanakan pula setiap hari ada pejabat negara yang ikut menonton Tjoet Nya 'Dhien. 

Durasi Film Tjoet Nya 'Dhien Dipotong Menjadi Dua Jam

Menurut Christine Hakim, gerakan kembali ke bioskop untuk menonton film nasional perlu mendapat dukungan penuh. Pemutaran kembali Tjoet Nya 'Dhien memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk menikmati kembali film kolosal yang menyabet delapan Piala Citra 33 tahun silam. 

Untuk kepentingan teknis, film panjang juga telah dipotong menjadi di bawah 2 jam. Film Tjoet Nya 'Dhien pernah ditampilkan di Festival Film Cannes, Perancis, tahun 1989. Waktu itu Tjoet Nya' Dhien masuk dalam program La Semaine de la Critique untuk film panjang. 26 Apr 2021 10:00

"Jadi saat diputar di Cannes Film Festival pada tahun 1989 durasinya terlalu panjang. Sutradara Eros Djaros lalu edit ulang dengan durasi sekitar satu setengah jam. Nah film inilah yang kemudian direstorasi menjadi digital dan siap tayang kembali di bioskop," terang Christine. 

“Jangan lupa di film ini kita juga dapat belajar tentang kesetiaan dan penghianatan dari orang-orang di sekitar kita,” tambah Christine.

Film Tjoet Nya 'Dhien Diputar di Lima Bioskop

Untuk tahap awal  Tjoet Nya 'Dhien  hanya diputar di lima bioskop Jakarta, masing-masing di Pondok Indah Mall (PIM) 1, Plaza Senayan (PS), Trans Studio Mall (TSM) Cibubur, Blok M Square dan Bekasi. 

Hari Kebangkitan Nasional dipilih sebagai waktu keberangkatan film perdana ini. Momen tersebut sangat sesuai karena mengandung unsur kepahlawanan dan nasionalisme yang tinggi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .