8 Benda yang Mudah Dihinggapi Banyak Kuman, Harus Sering Dibersihkan
Lustrasi keran air (Unsplash/Claudio Schwarz)

Bagikan:

PALEMBANG - Kuman dan bakteri populer di mana-mana, bahkan di tempat paling dekat maupun tubuh kita sendiri. Tak terelakkan juga, benda-benda yang kerap kita sentuh sehari-hari mengandung banyak kuman.

Mungkin kita sangat jarang merasakan dampaknya dan abai memperhatikannya.Namun kita tetap perlu waspada dengan bakteri dan virus karena dapat membawa penyakit yang mengancam kesehatan .

Benda yang lazim Anda anggap banyak kuman seperti tempat sampah, gagang pintu, kloset duduk di toilet umum hingga alat olahraga di tempat olahraga umum juga perlu dibersihkan sebelum perawatan. Berikut 10 benda yang paling banyak kuman dan perlu dibersihkan.

Gawai

Gawai sering terlupakan untuk dibersihkan padahal tidak pernah lepas dari jangkauan tangan. Itu berarti Anda ingin membersihkannya setiap hari dengan antiseptik atau cairan pembersih alkohol.

Komputer keyboard

Apabila Anda bekerja setiap hari dengan komputer sekaligus keyboard dan mouse perlu membersihkannya sebelum memakainya. Alat ini tergolong sangat kotor sebab tangan dapat memindahkan kuman dan bakteri selama memakainya.

Supermarket Gagang troli

Belanjan banyak di supermarket perlu melihat troli. Tetapi sebelum memakainya, jangan lupa bawa dan semprotkan cairan anti bakteri ke toilet atau ke tangan Anda. Melansir Cosmopolitan, Senin, 17 Mei, supermarket gagang troli menyimpan sekitar 11 juta bakteri.

Artinya, Selalu bawa botol  berguna  Berisi Cairan antiseptik untuk review menyemprot tas belanjaan Dan gagang termasuk  atas kursi  troli JIKA Perlu menaruh belanjaan di Bagian tersebut.

Tombol angkat

Baik mengangkat kantor maupun tempat umum, ratusan orang memegangnya. Itu artinya banyak kotoran, debu, kuman, bakteri hingga virus yang menempel di sana. Maka gunakan siku lengan ketika memencetnya memakai tuas agar tidak langsung kulit. 06 Mei 2021 16:25

Remote televisi di hotel

Untuk mengantisipasi berpindahnya bakteri dan virus, semprot dan seka dengan tisu antiseptik sebelum memakainya. Anda juga perlu riset dahulu hotel yang menjaga protokol kesehatan .

Meskipun bagian yang paling sering diganti adalah sprei bantal, guling, dan kasur tetapi tak ada salahnya mengantisipasi dengan membersihkan bagian-bagian kecil yang sering luput.

Menu Restoran Lembar

Pernah membayangkan berapa kali lembar menu restoran berpindah dari tangan satu ke tangan lainnya? Anda perlu mengingat bahwa lembaran tersebut bisa juga memindahkan kuman, bakteri, dan virus. Jadi, semprot antiseptik dahulu tangan serta menu lembar atau tidak memegangnya sama sekali.

Mesin ATM

Virus flu dapat menempel hingga 17 hari pada uang kertas. Belum lagi ada sekitar 3.000 bakteri yang menempel di tombol mesin ATM.

Lantas bagaimana agar tidak berpindah ke tangan dan meminimalisir penularan? Semprot tombol angka dengan  hand sanitizer  atau bersihkan tangan Anda setelah meninggalkan gerai ATM.

Gagang dan mulut keran udara

Baik di rumah maupun di tempat umum dan kantor, Anda perlu membersihkan mulut keran, gagang atau tuas  on / off,  dan gagangan pintu toilet. Nah , yang paling penting cuci tangan dengan sabun antiseptik untuk meminimalisir persebaran bakteri.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .