8 Kebiasaan Buruk yang Perlu Dihentikan, Penyebab Rumah Anda Selalu Kotor
Ilustrasi kebiasaan menjaga kebersihan rumah (Unsplash/Kelly Moon)

Bagikan:

PALEMBANG- Bersih-bersih rumah memang terasa menjadi pekerjaan yang cukup merepotkan. Apalagi jika rumah anda memiliki banyak ruang, akan membuat kewalahan. Paling efektif menjaga kebersihan, salah satunya dengan menghentikan kebiasaan buruk yang bikin rumah kotor.

Tips untuk memulai mengubah kebiasaan buruk, bisa dilakukan secara bertahap. Seperti menghindari melakukan dua hingga tiga daftar kebiasaan berikut ini.

1. Menunda merapikan berkas tumpukan kertas

Meskipun saat ini bisa dibilang era digital, tidak semua berkas bisa disimpan dalam satu perangkat penyimpanan berkas. Menumpuk kertas berkas dan menunda merapikannya, membuat Anda perlu menghabiskan waktu lebih lama dalam menyusunnya jadi lebih tertata. Mulai dari majalah, surat kabar, buku sekolah, hingga nota, bisa tidak hanya ditumpuk dan dibiarkan berdebu lho.

Setidaknya seminggu sekali bisa dirapikan atau ubah berkas jadi foto digital sehingga lebih ringkas tempat penyimpanan.

2. Membiarkan handuk basah dan tirai kamar mandi

Ingin menghindari jamur dari permukaan kamar mandi, maka jangan biarkan gorden basah menumpuk. Ditambah lagi, segera atasi tumpukan handuk basah dilantai. Ini kebiasaan buruk yang tidak sulit untuk dihentikan.

3. Menggunakan terlalu banyak produk pembersih

Sedikit pembersih saja sudah berfungsi, tetapi kebiasaan yang didorong niat biar lebih bersih, ternyata membuat rumah jadi terlihat lebih kotor. Seperti pembersih lantai, dipakai terlalu banyak akan menyisakan kerak. Sedangkan deterjen, jika dipakai terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan air untuk membilasnya.

4. Membersihkan rumah dengan alat kotor

Hasil rumah bersih tidak akan diperoleh jika membersihkan rumah dengan sapu yang tidak bersih. Selain itu, jika kantong vakum penuh dengan debu, maka tidak akan berfungsi efektif menyedot debu. Jadi luangkan waktu 5 menit untuk mengganti kantong vakum setelah dipakai.

5. Menggunakan satu lap untuk banyak fungsi

Lap untuk meja makan dan meja ruang tamu perlu dibedakan. Jika memungkinkan, pakai lap yang berbeda fungsi supaya tidak bercampur noda ditambah debu.

6. Meninggalkan piring kotor di dapur

Tidak hanya membuat rumah jadi kotor, tetapi piring yang kotor dibiarkan bisa mengundang serangga lapar. Mencuci piring dan gelas setelah makan tidak membutuhkan waktu lama, justru membiarkan sisa makanan menempel lebih lama membuat susah dibersihkan.

7. Mengenakan alas kaki untuk di luar dan dalam rumah

Sama seperti lap, alas kaki perlu dibedakan mana yang dipakai di dalam dan luar rumah. Debu yang menempel belum lagi kuman dan bakteri akan mengganggu kebersihan rumah Anda.

8. Menimbun makanan di kulkas

Makanan yang tak habis, perlu dipilah jika akan disimpan di kulkas. Jika bertahan lama dan tidak berkurang rasanya, Anda bisa menyimpannya. Tetapi makanan yang mudah basi, tak perlu disimpan lagi. Ini bisa meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri di dalam kulkas.

Itulah delapan kebiasaan buruk yang perlu dihentikan agar rumah kembali bersih bebas kuman dan bakteri serta debu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.