Trafik Internet Naik Selama Lebaran; Penggunaan Tertinggi pada Aplikasi Pesan Instan
Ilustrasi - Warga melakukan silaturahmi Idul Fitri 1441 H secara virtual (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Trafik layanan operator data seluler meningkat selama Ramadhan dan lebaran Idulfitri 2021. Penggunaan paling banyak didominasi oleh aplikasi komunikasi.

Smartfren mengalami kenaikan data trafik sebesar 36 persen saat Ramadhan dan Idulfitri. Lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya.

Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren, menilai kenaikan trafik lebih tinggi dari perkiraan mereka, kebanyakan berasal dari wilayah perumahan karena ada aktivitas akibat pandemi COVID-19 .

"Kenaikan data lalu lintas kali ini sedikit lebih tinggi dibandingkan prediksi, namun, dapat menjaga dengan baik," kata Agus, dalam keterangan pers, dikutip Rabu.

Pengguaan Internet Tertinggi Untuk Panggilan Video

Catatan Smartfren, peningkatan trafik berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Jawa Tengah. Penggunaan internet yang tinggi di operator seluler tersebut berasal dari panggilan video dan streaming video.

Sementara operator seluler 3, dalam keterangan pers terpisah, juga mencatat kenaikan penggunaan internet, paling banyak berasal dari aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, yang naik 60 persen dibandingkan sebelum periode Ramadhan dan Idulfitri.

Pengguan Aplikasi Gim Meningkat Saat Libur Lebaran

Operator seluler ini tidak spesifik menyebutkan berapa besar kenaikan data trafik selama periode Ramadhan dan Idul Fitri, namun, melihat ada penggunaan aplikasi tertentu. Lalu lintas data 3 berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tidak hanya platform pesan instan, kenaikan juga terjadi pada pengguaan aplikasi  mobile gaming  dan  streaming video  saat libur lebaran. Peningkatan angka 90 hingga 150 persen pada Game Moblie Legends dan PUBG Mobile. Sementara Netflix dan YouTube sekitar 30 persen.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .