Jelang Lebaran, BI Dorong Warga Sumsel Tukar Uang Edisi Kemerdekaan
Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jelang Hari Raya Idulfitri, Bank Indonesia mendorong masyarakat Sumatera Selatan untuk menukarkan uangnya dengan uang edisi peringatan kemerdekaan (UPK). Penawaran tersebut diperuntukkan uang nominal Rp75.000 per lembar.

Hari Widodo, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Sumsel, mengungkapkan ajakan tersebut disampaikan karena stok uang tersebut masih banyak di BI. Stok edisi uang tersebut di provinsi tetangga sudah habis, sementara di tempatnya masih tersedia sejumlah 2,1 juta lembar.

“Seperti di Riau, itu jatahnya sudah habis. Sementara di Sumsel masih banyak sekali, silakan warga menukarkan, bisa dipakai untuk THR Lebaran, ”kata Hari.

Penukaran Dilakukan di Kantor BI Sumsel dan Kantor Jaringan Bank

Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI ini dapat diperoleh dengan cara penukaran secara langsung ke Kantor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan di Palembang dan jaringan kantor bank.

UPK 75 Tahun RI dapat digunakan untuk bertransaksi dan berbagi selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

Selain itu, masyarakat dapat melakukan pemesanan UPK 75 Tahun RI melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id), menggunakan 1 KTP untuk menukarkan maksimal sebanyak 100 (lembar) UPK 75 Tahun RI setiap harinya.

“Penukaran dapat diulang pada hari kerja berikutnya, artinya besoknya mau tukar 100 lebar lagi juga bisa,” kata dia.

Batas Akhir Penukaran 11 Mei 2021

Walau stok masih tersedia, Hari mengimbau masyarakat yang berminat segera menukarkannya karena setiap hari permintaan terus meningkat.

Penukaran bisa dilakukan di berbagai perbankan di Sumsel, dengan batas akhir penukaran hingga tanggal 11 Mei 2021 mendatang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .