Bangka Tengah Buat Program Khusus untuk Bangkitkan Minat Sekolah Anak-anak di Kawasan Pesisir dan Pulau
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman (ANTARA/Ahmadi)

Bagikan:

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuat gebrakan baru untuk membangkitkan minat pendidikan bagi anak usia sekolah yang berada di kawasan pesisir dan pulau.

Pemkab Bangka Tengah berencana membuat program khusus untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) bagi golongan anak-anak tersebut.

"Khusus daerah pesisir dan pulau, masih banyak kami temukan anak putus sekolah. Harus ada terobosan baru dan program khusus untuk membangkitkan minat bersekolah mereka," tutur Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah, di Koba, Selasa, 20 April.

Pemda Bekerja Sama dengan LPMP Babel Wujudkan Sekolah Komunitas

Lebih lanjut, ia menyampaikan pemda sudah melakukan kemitraan dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Babel. Pihaknya akan menghadirkan program sekolah komunitas, dengan metode yakni pengajar menemui peserta didik secara aktif.

"Harus ada program khusus untuk meningkatkan IPM terutama anak-anak di Pulau Semujur dan wilayah pesisir di Kecamatan Lubuk Besar," katanya.

IPM Diukur Melalui Empat Indikator

Ia mengatakan, peningkatan IPM sesuai dengan visi dan misi daerah yaitu mewujudkan Bangka Tengah semakin unggul. IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat.

"IPM tersebut diukur dari empat indikator yaitu angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah dan pengeluaran per kapita," katanya.

Ia mengatakan, secara umum IPM di Kabupaten Bangka Tengah mencapai angka 70,33 atau tertinggi dibandingkan daerah lain di provinsi itu.

"Ini menunjukkan akses masyarakat terhadap pembangunan dan pendidikan sudah berjalan dengan baik," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.