Dinas Pertanian OKU Distribusikan 1,5 Ton Bawang Merah kepada Kelompok Tani di Sosoh Buay Rayap
Petani panen bawang merah. (ANTARA/HO/21)

Bagikan:

Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, rencananya akan mendistribusikan subsidi sebanyak 1,5 ton bibit bawang merah bagi dua kelompok tani yang berada di Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

1,5 ton bawang merah tersebut rencananya akan ditanam di lahan seluas 2 hektare yang ada di kecamatan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Joni Saihu, Kepala Dinas Pertanian OKU, yang didampingi oleh Staf Bidang Hortikultura, Zulyadi Takas, Senin, 12 April 2021.

Tak Cuma bawang merah, bantuan sebanyak 500 kilogram bibit cabai merah juga akan diberikan kepada kelompok tani. Bibit cabai tersebut akan ditebar di lahan seluas 1,5 hektare.

Tujuan pemberian bantuan tersebut adalah untuk mendongkrak perekonomian petani di kecamatan Sosoh Buay Rayap. Terlebih wilayah tersebut menjadi sentra produksi bawang merah.

Kecamatan Sosoh Buay Rayap Menjadi Sentra Bawang Merah


Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten OKU, Kecamatan Sosoh Buay Rayap merupakan daerah sentra produksi bawang merah dengan hasil panen yang cukup memuaskan.

Meskipun lahan tidak terlalu luas, kata dia, namun hasil panen bawang yang diperoleh Kelompok Tani Makmur di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap saat masa panen tahun sebelumnya mencapai 12 ton/hektare.

"Itu artinya Kabupaten OKU sangat potensial bagi budidaya tanaman umur pendek ini," tuturnya.

Budidaya Bawang Merah Akan Diperluas

Oleh sebab itu, budidaya tanaman bawang merah ini kedepannya akan diperluas hingga ke kecamatan lainnya guna meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten OKU.

"Kami juga terus memberikan pembinaan bagi petani tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar agar hasil panennya nanti memuaskan," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.