Kemenag Belitung Laksanakan Pemantauan Hilal di Pantai Tanjung Pendam
Kemenag Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, selenggarakan Rukyatul Hilal untuk memastikan mulainya bulan suci Ramadan 2021 atau 1442 Hijriah. Kegiatan tersebut digelar pada Senin, 12 April 2021, di kawasan pantai Tanjung Pendam.

"Lokasi yang dipilih untuk menjadi pelaksanaan Rukyatul Hilal adalah kawasan wisata pantai Tanjung Pendam," tutur Masdar Nawawi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan Rukyatul Hilal di Indonesia dilakukan secara serempak di 86 titik. Pantai Tanjung Pendam Belitung menjadi salah satu titik pantau lainnya di Pulau Bangka.

Tiga Lokasi Pemantauan Hilal di Bangka Belitung

"Ada tiga lokasi yang ditetapkan di Provinsi Bangka Belitung dua titik di pulau Bangka dan satu di Belitung dan itu sudah ditetapkan secara nasional dari 86 titik di 34 Provinsi," paparnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan dalam pemantauan tersebut akan melibatkan falakiyah dari kantor Kemenag Belitung. Tak lupa ormas Islam setempat juga ikut serta.

"Kami juga sudah berkoordinasi untuk persiapan alat yang nantinya digunakan seperti teropong dan juga teleskop," ujarnya.

Hilal akan Terlihat Apabila Cuaca Mendukung

Ia berharap, pelaksanaan Rukyatul Hilal tersebut berjalan lancar dan cuaca mendukung sehingga nantinya hilal dapat terlihat.

"Mudah-mudahan cuaca cerah sehingga hilalnya bisa terlihat," ujar Masdar.*

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.