8 Makanan Khas Palembang Selain Pempek, "Lemak Nian!"
Foto pempek bakar (Twitter/@pesonaid_travel)

Bagikan:

Berada di Kota Palembang rasanya kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini terkenal dengan makanan yang bernama pempek. Kota yang mendapat julukan Bumi Sriwijaya tersebut bahkan sering disebut sebagai kota pempek.

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan. Ketika anda, keluarga, atau teman anda sedang berkunjung ke kota yang dibelah oleh Sungai Musi tersebut, pasti yang pertama terlintas dipikiran adalah kata ‘pempek’. Kelezatan makanan berkuah tersebut memang tidak diragukan lagi.

Namun selain pempek, masih ada makanan khas Palembang lain yang tidak kalah nikmat. Sebagai daerah yang menjadi tempat bertemunya beragam suku bangsa, Melayu, Jawa, Arab, dan China, Palembang kaya akan kuliner yang menarik.

Berikut makanan khas Palembang selain pempek, yang akan membuat bibirmu berkata ‘Lemak Nian!’.

1.  Laksan

Laksan (Instagram/@foodlover.plg)
Laksan (Instagram/@foodlover.plg)

Laksa merupakan makanan khas Palembang yang berkuah. Untuk rasanya, tentu saja laksa berani bersaing dengan pempek. Makanan yang terbuat dari ikan dan tepung sagu ini memang memiliki rasa menyerupai pempek.

Namun laksan memiliki daya tawar tersendiri. Berbeda dengan pempek, laksan disajikan dengan kuah santan berwarna kemerah-merahan. Lidah anda akan merasakan kenikmatan gurih pedas saat memakannya.

 

2.  Mie Celor

Mie Celor (Instagram/@Ayulaks)
Mie Celor (Instagram/@Ayulaks)

Masih dari makanan khas Palembang yang berkuah. Kali ini ada mie celor. Makanan satu ini sangat cocok disantap malam hari atau ketika udara sedang dingin. Secara tampilan, mie celor mirip dengan mie aceh.

Namun ada perbedaan antara keduanya yang membuat mie celor istimewa. Bahan yang dipakai makanan ini menggunakan jenis mie telur. Mie celor disajikan lebih lengkap karena diisi dengan tauge, telur, kucai, dan daging udang. Pecinta kuliner gurih, wajib mencobanya.

 

3.  Martabak Har

Martabak Har (Instagram/@martabakhar)
Martabak Har (Instagram/@martabakhar)

Setelah makanan berkuah, mari beranjak ke martabak. Martabak har kalau dilihat memang mirip dengan martabak telur biasa. Eitsss tunggu, ada sesuatu yang membuat makanan ini lebih istimewa dari martabak yang lain.

Martabak har hanya dibuat memakai bahan telur yang dibalut dengan kulit martabak. Tak hanya itu, kuah yang dipakai adalah kuah kari dengan aroma rempah yang kuat. Lalu disertai dengan taburan kentang dan daging.

 

4.  Tempoyak

Tempoyak (Instagram/@kedaikoti)
Tempoyak (Instagram/@kedaikoti)

Palembang memang tak henti-hentinya menawarkan kuliner unik. Kali ini ada tempoyak. Bahan makanan ini cukup unik karena berasal dari buah-buahan, yakni durian. Tempoyak dibuat dari campuran daging durian yang berisi cabai dan bawang. Cara memasaknya dengan ditumis.

Tempoyak biasanya dinikmati masyarakat Palembang sebagai campuran untuk menyantap pindang ikan patin maupun makanan berkuah lain. Makanan yang memiliki tekstur seperti sambal ini memiliki rasa gurih dan unik.

 

5.  Pindang Patin

Pindang patin (Instagram/@dapoer_ayu.id)
Pindang patin (Instagram/@dapoer_ayu.id)

Karena di paragraf sebelumnya disebut, makanan khas Palembang yang juga wajib anda coba adalah pindang patin. Ikan patin banyak dibudidayakan di Palembang. Oleh karena itu, kuliner dari olahan patin menjadi andalan di sana.

Pindang patin dibuat dari bahan, yaitu ikan patin, jahe, bawang merah dan putih, kunyit, daun salam, serai, dan belimbing sayur. Kuahnya yang berwarna bening kekuningan dan beraroma asam segar akan membuat lidah anda ingin segera berenang di kuahnya.

Makanan yang paling pas disantap saat hangat ini memiliki rasa perpaduan gurih, asam, dan pedas. Rasa ikan patinnya lembut dan segar.

 

6.  Pindang Tulang

Pindang tulang (Instagram/@laysisilia)
Pindang tulang (Instagram/@laysisilia)

Kali ini masih dari olahan pindang, namun bergeser sedikit. Pindang tulang cukup berbeda dari kuliner Palembang yang lain. Makanan ini tidak berbahan dasar ikan, namun tulang sapi.

Pindang tulang dibuat dari tulang sapi yang dicampur dengan sedikit daging dan sumsum tulang.  Lalu dimasak dengan campuran cabai hijau, lengkuas, serai, bawang merah, kunyit, dan bawang putih.

Untuk menambah kesedapannya, pindang patin disajikan dengan irisan sayur dan irisan tomat. Pindang patin biasanya dimakan dengan nasi dan ketika hangat.

 

7.  Lenggang

Lenggang (Instagram/@pempekpapamertua)
Lenggang (Instagram/@pempekpapamertua)

Makanana khas Palembang satu ini merupakan perpaduan olahan ikan dengan telur. Telur yang dikocok dan ikan ditaruh di atas daun pisang kemudian dipanggang. Rasa lenggang gurih dan nikmat, terlebih dengan tambahan daun pisang yang akan menambah aroma kesegaran.

 

8.  Kue Maksuba

Kue maksuba (Instagram/@suze.cake)
Kue maksuba (Instagram/@suze.cake)

Kali ini kita beranja kedunia jenis makanan kue. Salah satu kue khas Palembang yang sayang untuk anda lewatkan adalah kue Maksuba. Kue maksuba memiliki bentuk seperti kue lapis legit.

Kue maksuba dibuat dari telur bebek dan susu kental manis. Telur yang dibutuhkan dalam pembuatan kue ini cukup banyak, bisa mencapai 28 butir.

Kue maksuba biasanya dihidangkan pada saat hari raya atau acara penghormatan. Rasa kue ini enak, manis dan legit.

Itu tadi beberapa kuliner khas Palembang yang akan membuatmu lupa pempek dalam waktu sebentar. Bikin pempek move on dari lidah anda. Masih banyak kuliner khas Palembang yang akan membuat anda ngiler.