Pencurian Mesin ATM di Lubuklinggau Berhasil Digagalkan Warga, Jalanan Ramai Tapi Nekad
Tangkapan layar barang bukti video amatir warga yang merekam aksi pencurian sebuah mesin ATM

Bagikan:

PALEMBANG - Aksi pencurian sebuah mesin ATM di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Lubuk Linggau Timur, Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, berhasil digagalkan oleh warga.

AKBP Harissandi, Kepala Polres Lubuk Linggau, mengatakan mesin ATM milik Bank BRI yang hendak dicuri tersebut terletak dalam sebuah gerai bersebelahan dengan Kantor Pengadilan Agama Kota Lubuk Linggau..

“Jadi benar, belum selesai para pelaku itu mengangkut mesin ATM-nya ke sebuah mobil bak terbuka, mereka sudah ketahuan oleh warga setempat,” kata AKBP Harissandi dikonfirmasi di Palembang, Minggu.

Aksi kawanan pencuri itu kepergok oleh warga setempat saat sedang berusaha mengangkut mesin ATM pada Minggu pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Karena ketahuan warga, kata dia, kawanan pencuri yang diketahui berjumlah lebih dari tiga orang itu kabur..

Lalu meninggalkan barang bukti mesin ATM yang bagian bawahnya sedikit hancur begitu saja di pinggir jalan termasuk satu unit mobil Daihatsu Taft bak terbuka warna hitam mereka bernomor polisi BG-1290-AR.

Menurut dia, personelnya langsung bergerak melakukan pemeriksaan tempat kejadian perkara dan mengamankan barang bukti setelah mendapatkan informasi dari warga setempat sekitar pukul 06.30 WIB.

Polisi masih mempelajari keterangan saksi dan barang bukti di antaranya berupa video amatir yang direkam oleh seorang warga saat para pelaku menjalankan aksinya.

“Barang bukti sudah diamankan di Mapolres untuk pengembangan,” kata dia.

Kronologi Pencurian Mesin ATM di Lubuklinggau

Dalam video amatir berdurasi 2 menit yang beredar luas di media sosial Instagram tersebut tampak ketiga orang pelaku pencurian menggunakan jaket bertutup kepala dan bersarung tangan putih.

Para pelaku terlihat bersusah payah mengangkat sebuah mesin ATM berbobot mencapai 400 kilogram tersebut yang sebelumnya telah mereka hancurkan dari dalam gerai.

Aksi pencurian itu terbilang nekat lantaran dalam video tersebut tampak arus lalu lintas di Jalan Yos Sudarso dalam keadaan ramai oleh warga yang akhirnya mengejar para pelaku hingga mereka kabur dan peristiwa ini ditangani oleh aparat Polres Lubuk Linggau.