Mau Liburan ke Pulau Komodo? 5 Spot Ini Wajib Wisatawan Singgahi
Ilustrasi destinasi di Pulau Komodo kawasan Taman Nasional Komodo (Unsplash/Fajruddin Mudzakkir)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada banyak pilihan destinasi wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan pemandangan alam menakjubkan. Salah satunya adalah berlibur ke Pulau komodo. Pulau Komodo merupakan pulau paling barat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kecantikan Pemandangan alamnya dikenal di seluruh penjuru dunia.

Baru-baru ini, dikabarkan tentang rencana kenaikan tarif wisata ke Pulau Komodo sebesar Rp 3,75 juta. Disampaikan pagi tadi, Rabu, 10 Agustus, oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, kenaikan tarif akan ditunda hingga tahun 2023. Penundaan tersebut dilaksanakan untuk menampung aspirasi publik.

Pada Agustus hingga Desember 2022, tarif masuk ke Pulau Komodo sebagai kawasan Taman Nasional Komodo masih mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomer 12 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Kehutanan, yaitu Rp 150 ribu.

menjadi ke Pulau Komodo, tentu membutuhkan perencanaan matang. Termasuk menyimpan daftar-daftar tempat yang akan dikunjungi. Jika Anda ingin menikmati waktu dekat dengan Pemandangan alam yang eksotis, berikut spot-spot cantik di Pulau Komodo yang tak boleh dilewatkan.

1. Pulau Padar

Pulau Padar adalah pulau ketiga selain Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang secara administratif masuk ke dalam Kecamatan Komodo. Pulau Padar dan Pulau Komodo dipisahkan Selat Lintah. Nah , Pulau Padar tidak terletak oleh ora atau komodo. Menariknya lagi, Anda perlu sedikit pengetahuan untuk menjelajahi dataran yang tak terlalu luas ini. Bukit-bukit kecil dengan vegetasi rendah terlihat cantik di dataran paling tinggi.

2. Giri Laba

Giri Laba atau Giri Lawa merupakan dataran kecil yang dibatasi pantai indah. Lautan biru terlihat membentang luas dengan titik-titik kecil penanda kepulauan. Bagi Anda yang suka  tracking,  siapkan energi dan alas kaki yang nyaman untuk menikmati dataran indah dari.

3. Pulau Rinca

Vegetasi di Pulau Rinca mirip seperti di Pulau Padar. Tetapi berbeda dengan Pulau Komodo yang utama ditumbuhi pohon tinggi. Di Pulau Rinca, lebih banyak savana, yang mana kawasan ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1991.

Uniknya di pulai ini, meski jadi habitat komodo juga ditemukan oleh warga lokal yang terletak di dua perkampungan, yaitu Kampung Rinca dan Kampung Karora. Dari Labuan Bajo menuju Pulau Rinca membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dengan perahu atau kapal.

4. Batu Bolong

Masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, spot  diving  Batu Bolong termasuk destinasi yang wajib dikunjungi. Batu Bolong merupakan nama pulau batu kecil yang terletak di antara selat Pulau Tatawa dan Komodo. Di lokasi ini, taman bawah laut yang indah dapat dinikmati.

5. Pink Beach

Fenomena alam memang benar-benar memesona, salah satunya Pink Beach yang terletak di Pulau Komodo. Pantai ini menjadi salah satu dari tujuh pantai paling indah di dunia. Pantai dengan pasir berwarna merah muda ini, terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, NTT.

Itulah spot yang tak boleh terlewatkan apabila Anda berjunjung ke Pulau Komodo di Taman Nasional Komodo.

Menyoal tarif masuk untuk para wisatawan yang menjadi perdebatan, Muhammad Syafaat – Founder & CEO Ayo Jalan Jalan (Konsultan Pariwisata) mengatakan bahwa persoalan Komodo – Labuan Bajo sebaiknya ada pihak ketiga yang ambil peran untuk melakukan mediasi antara pihak-pihak yang terlibat agar solusi bisa segera di sepakati oleh semua pihak. Dalam hal ini salah satu nya yang mungkin ambil peran tersebut adalah GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) sebagai pengayom untuk para pelaku industri pariwisata bisa ambil peran tersebut.

Selain solusi yang ditawarkan di atas, Labuan Bajo merupakan wisata yang eksotis. Yang mana harus segera dicarikan solusinya senafas dengan penuturan Hiro Kristianto, Chairman of Anugerah Pesona Indonesia. Tuturnya, “Kami pernah melaksanakan Malam Puncak Anugerah Pesona Indonesia di Labuan Bajo. Dan menurut kami memang wisata Labuan Bajo dalam hal ini termasuk Komodo dan sekitarnya memang layak menjadi pariwisata kelas premium.”

Ia menambahkan, “Disamping itu, persoalan Komodo – Labuan Bajo ini memang harus segera dicarikan solusinya. Karena jika permasalahan ini sudah selesai, maka Pemerintah Provinsi NTT bisa mengalihkan fokusnya untuk pengembangan destinasi pariwisata lainnya di wilayah NTT yang tidak kalah eksotisnya, seperti Kelabba Madja di Sabu Raijua, Fulan Fehan di Belu dan Fatumnasi di Timor Tengah Selatan.”

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.