Pasukan Tentara Jepang Kunjungi Monpera di Palembang, Mengenang Sejarah Tahun 1942
Kunjungan Tentara Jepang ke Monumen Perjuangan Rakyat Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kunjungan pasukan Tentara Udara (Airbone) Jepang ke Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) di Jalan Merdeka, Kota Palembang, Sumatera Selatan, dilakukan untuk mengenang momen bersejarah tahun 1942.

Para Tentara Jepang mengunjungi Monpera Palembang tersebut dilakukan di sela-sela Latihan Militer Gabungan Super Garuda Shield 2022 yang berlangsung di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis.

Danbrig Paratroopers I Airbone Jepang Kolonel Junichi Fuoko di Monpera Palembang mengatakan lokasi tersebut sangat bersejarah dan memiliki makna sejarah bagi Tentara Jepang.

Palembang Tempat Pertama Kedatangan Invasi Tentara Jepang Tahun 1942

Hal tersebut dikarenakan, kata dia, Monpera Palembang merupakan tempat membuat pertama para Tentara Jepang ketika menginvasi Indonesia pada masa imperialis tahun 1942.

“Bagi Pasukan Airbone tidak ada yang tidak mengenal Kota Palembang karena ini tempat bersejarah bagi kami di Asia sehingga kami hadir di sela latihan militer,” kata dia.

Ia mengaku pasukannya yang berjumlah 60 orang tersebut merasa sangat senang karena disambut baik oleh pemerintah dan masyarakat di Kota Palembang.

Ia mengatakan pada kesempatan itu dirinya memberikan origami berbentuk burung bangau kepada perwakilan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai simbol untuk mengembangkan awal kemunculan Jepang – Indonesia.

“Origami Bangau itu sekaligus menjadi doa bagi mereka yang sudah meninggal dunia di Kota (Palembang) yang indah ini,” kata dia.

Kunjungan Tentara Jepang ke Palembang

Sementara itu Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Megawati mengatakan bahwa pemerintah mengharapkan Pasukan Jepang dapat terus berkunjung ke Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang pada kesempatan lain sebagai wisatawan.

“Kunjungan ini di sela misi latihan militer, maka kami harap bisa kembali berkunjung sebagai wisatawan karena masih banyak destinasi wisata yang belum dikunjungi,” ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.