UTBK-USMB S1 Universitas Sriwijaya Capai 7.863, Pengumuman Dilakukan 14 Juli
Peserta mengikuti UTBK-SBMPTN di gedung Graha Sriwijaya (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jumlah peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK-USMB) Universitas Sriwijaya untuk pendaftaran program sarjana (S1) mencapai 7.863 orang. Laporan tersebut berdasarkan catatan dari panitia penerimaan mahasiswa baru Unsri.

Zulkifli Dahlan, Humas Panitia UTBK-USMB Unsri, mengatakan dari jumlah tersebut secara rinci dibagi dalam tiga kelompok ujian, yakni Sains dan Teknologi (Saintek) meliputi mata ujian, Fisika, Kimia, Biologi sebanyak 4.536 orang.

"Mereka merupakan peserta UTBK-USMB S1 gelombang pertama yang pelaksanaannya mulai hari ini (Senin, 4/7) hingga Kamis (7/7)," kata Zulkifli Dahlan di Palembang, Senin.

Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Unsri Jalur USMB

Selanjutnya, Sosial Humaniora (Soshum) meliputi mata ujian Ekonomi, Geografi, Sosiologi dan Sejarah sebanyak 2.487 orang dan kelompok ujian campuran 840 orang.

Masing-masing peserta melaksanakan USMB di beberapa lokasi selain di kampus Unsri Palembang, antara lain di Universitas IGM, SMA Negeri 1, SMK Negeri 2, dan SMK Negeri 3 Palembang.

"Berdasarkan kuota yang telah ditetapkan, dari seluruh peserta itu (7.863), Unsri hanya menyediakan daya tampung 2.307 calon mahasiswa," kata dia.

Jalur Mandiri Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Sriwijaya

Meski demikian, lanjutnya, peserta yang tidak lulus di Unsri bisa langsung diarahkan masuk ke 12 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dipilih tanpa harus mengikuti tes lagi.

Ke-12 PTS tersebut, yakni Universitas Bina Darma, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Katolik Musi Charitas, Universitas MDP, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Musirawas, Universitas PGRI, Universitas Tridinanti, Universitas Sumatera Selatan, Universitas Taman Siswa, Stisipol Candradimuka, STIE/ AKUBANK Mulia Darma Pratama.

"USMB merupakan jalur mandiri yang dilaksanakan oleh Unsri tahun 2022 ini juga diikuti oleh 12 PTS tersebut. Pengumuman dilaksanakan 14 Juli 2022," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.