Cek! Pendaftaran Beasiswa LPDP Gelombang II Sudah Dibuka 4 Juli Hingga 5 Agustus
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Tangkap layar Youtube Kemendikbud RI)

Bagikan:

PALEMBANG - Kabar baik bagi generasi muda yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan dengan memperoleh beasiswa. Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap II 2022 sudah dibuka mulai 4 Juli sampai 5 Agustus 2022.

Rangkaian proses seleksi beasiswa LPDP hinggah pengumuman kelulusaan atau terpilih akan berlangsung sampai 11 November 2022. Berdasarkan keterangan resmi LPDP di Jakarta, Senin, bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dapat mengakses informasi dan panduan resmi pada laman www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Beasiswa LPDP sendiri merupakan salah satu bentuk keberpihakan APBN terhadap pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka mendukung tercapainya visi Indonesia Maju 2045.

Selama satu dekade perjalanan terhadap LPDP, pemerintah kendala anggaran untuk dikelola dalam Dana Abadi yang totalnya kini telah mencapai Rp119, 1 triliun.

Ketentuan umum dan teknis dalam kebijakan LPDP tahap II tahun ini dapat diakses melalui lpdp.kemenkeu.go.id yang terdiri dari program beasiswa afirmasi,  sasaran  beasiswa dan beasiswa umum.

Tiga Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi beasiswa ini akan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu administrasi, bakat skolastik dan substansi atau wawancara. Para pendaftar juga wajib mengikuti surat lamaran dari pejabat yang merupakan atau membidangi SDM untuk seluruh program pendaftar PNS/TNI/POLRI. Program khusus PNS/TNI/POLRI tidak bisa mendaftar beasiswa prasejahtera dan kewirausahaan. Sementara bagi pendaftar dengan lulusan luar negeri wajib hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK yang dilakukan laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln. 

Di sisi lain, bagi pendaftar yang telah memiliki bukti surat diterima di universitas termasuk dalam daftar perguruan tinggi LPDP dan memilih satu universitas tersebut sebagai tujuan studi maka tidak perlu melakukan seleksi bakat skolastik.

Surat Pernyataan Proses Penerimaan Beasiswa LPDP

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah setiap program beasiswa memiliki surat pernyataan masing-masing yang harus dipenuhi pendaftar. Seluruh proses seleksi beasiswa LPDP ini dilakukan dengan prinsip,  good governance , transparan, akuntabel, anti diskriminasi, dan anti KKN. LPDP mengimbau calon pendaftar untuk berpedoman pada informasi yang disebarkan oleh kanal resmi LPDP dan selalu berhati-hati atas segala bentuk penipuan dan tindak kriminal lainnya.

Selain itu, sistem pendaftaran sudah terhubung langsung ke sistem Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI saat verifikasi NIK sehingga peserta harus memastikan nomor NIK sesuai dan terdaftar di Dinas Dukcapil setempat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.