7.049 Anak di OKU Sumsel Mendapat Imunisasi dari Program BIAN
Imunisasi untuk anak (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 7.049 anak menjadi target dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Anak-anak tersebut akan diberi imunisasi supaya terhindar dari penularan penyakit berbahaya.

"Berdasarkan hasil pendataan tercatat 7.049 anak yang akan diimunisasi melalui Program BIAN," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Rabu.

Berdasarkan data pula, kata dia, Program BIAN yang dilaksanakan sejak akhir Mei 2022 di wilayah itu hingga saat ini sudah mencapai 26,9 persen dari target sasaran.

"Program BIAN dilaksanakan selama satu bulan di seluruh puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU," katanya.

Imunisasi Kejar dan Vaksin Rubbela untuk Anak

Dalam program ini anak akan diberikan imunisasi 'Kejar' untuk anak usia 9 bulan hingga lima tahun dan vaksin Rubbela yang menyasar pada anak usia hingga 12 tahun.

"Jika memang ditemukan imunisasinya belum lengkap maka akan diberikan dua penyuntikan imunisasi," ujar dia.

Selama pencanangan BIAN diharapkan para orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin.

Manfaat Imunisasi bagi Kesehatan Anak

Selain menghindari anak dari penyakit berbahaya, kata Andi, manfaat imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

“Ini relatif murah dibanding mereka terkena penyakit berbahaya saat sudah dewasa karena harus mengeluarkan biaya ke rumah sakit," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.