Harga Cabai Merah di OKU Naik Rp65.000 per kilogram, Akibat Tanaman Rusak Terkena Cuaca Buruk
Pedagang cabai merah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Kenaikan harga cabai merah keriting terjadi di pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Cabe merah keriting yang sebelumnya berharga Rp40.000/Kg kini menjadi Rp65.000 per kilogram.

"Setelah hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, harga cabai merah keriting justru naik hingga menembus Rp65.000/Kg," kata Yeni, salah seorang pedagang di Pasar Atas Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Jumat.

Tingginya harga cabai ini disebabkan karena faktor cuaca yang menyebabkan banyaknya tanaman yang rusak sehingga petani cabai di beberapa daerah banyak yang merugi.

"Menurut informasi banyak tanaman cabai milik petani dari daerah pemasok di Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang rusak akibat cuaca ekstrim," ujarnya.

Harga Bawang Merah dan Putih Naik

Hal senada dikatakan Jauya, pedagang bumbu dapur lainnya, selain cabai merah keriting harga juga terjadi pada bawang merah yang kini menembus angka Rp60.000/Kg dan bawang putih Rp45.000/Kg.

"Harga jenis bumbu dapur ini naik rata-rata Rp20.000/Kg," ujarnya.

Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok setelah Idul Fitri 2022

Menurut Jauya, kenaikan harga berdampak pada daya beli masyarakat yang menurun drastis mencapai 30 persen seperti biasanya karena harga mahal.

"Hanya saja untuk stok jenis bumbu dapur ini tidak sulit didapat karena persediaannya banyak di pasaran," ujarnya.

Sementara itu, pantauan di Pasar Atas Baturaja selain cabai merah keriting, sejumlah kebutuhan pokok lainnya juga mengalami lonjakan harga setelah hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah seperti telur ayam ras dari Rp21.000 per kilogram (Kg) menjadi Rp28.000/Kg, sedang kualitas Rp9.500 kini Rp11.000/Kg, minyak goreng kemasan premium semula Rp22.000 kini melonjak mencapai Rp25.000/liter dan minyak goreng curah Rp18.000/liter.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.