Harga Cabai Rawit di Belitung Naik Drastis Mendekati Pergantian Tahun
Petani cabai di Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kenaikan harga cabai rawit terjadi di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan catatan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) harga cabai rawit yang sebelumnya Rp110 ribu sekaran menjadi Rp150 ribu per kilogram.

"Harga cabai rawit mengalami kenaikan dalam satu minggu terakhir atau selepas Hari Raya Natal," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan DKUKMPTK Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Kamis.

Harga Cabai Rawit Lokal Belitung

Menurut dia, harga cabai rawit lokal di daerah itu naik dari Rp110 ribu menjadi Rp150 ribu per kilogram, sedangkan harga cabai rawit Jakarta naik dari Rp100 ribu menjadi Rp140 ribu per kilogram.

"Namun harga cabai merah atau besar di sejumlah pasar tradisional mengalami penurunan dari Rp60 ribu menjadi Rp55 ribu," ujarnya.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai di daerah itu disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain cuaca buruk sehingga mengakibatkan keterlambatan pengiriman cabai dari luar daerah.

"Kemudian faktor lain seperti daerah asal pengiriman cabai juga sedang dilanda cuaca ekstrem dan musibah seperti banjir sehingga menyebabkan tanaman cabai gagal panen," ujarnya.

Rita menambahkan kenaikan harga cabai telah menjadi isu nasional yang turut juga dialami oleh daerah lain.

"Sehingga tidak hanya Belitung saja yang mengalami kenaikan namun hampir di seluruh daerah juga mengalami hal yang sama," katanya.

Produksi Cabai Petani Lokal Belitung

Sementara itu, lanjut Rita, produksi cabai petani lokal belum cukup memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu.

"Kami masih memiliki ketergantungan yang kuat dengan pasokan cabai dari luar daerah," ujar dia.

Ia mengimbau masyarakat dapat bijak dalam berbelanja dan sesuai dengan kebutuhan.

"Sedangkan harga komoditi lain, kami pantau memang stabil hanya seperti harga telur mengalami kenaikan karena memang keterbatasan stok," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.