Pemkot Palembang Rombak Struktur Pejabat Eselon Kecamatan dan Desa
Sekda Palembang melakukan pelantikan jabatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Struktur jabatan tingkat eselon II, III, dan IV di Palembang, Sumatera Selatan, dirombak oleh pemkot. Langkah tersebut dilakukan guna penyegaran roda pemerintahan di kota ini.

Ratu Dewa, Sekretaris Daerah Kota Palembang, menyampaikan pergantian para pejabat yang dilakukan Pemkot Palembang tersebut sudah mendapatkan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Totalnya ada 504 orang pejabat baru yang sudah dilantik, untuk pejabat eselon II sendiri yang di 'rolling' lebih kurang ada 12 orang, kemungkinan masih ada lagi beberapa pekan ke depan menunggu rekomendasi dari Wali Kota terkait dengan kinerja,” kata dia dalam keterangan resminya.

Perubahan Setiap Organisasi Perangkat Daerah Tingkat Kecamatan dan Lurah

Menurutnya, perubahan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) ataupun di tingkat kecamatan dan kelurahan dilakukan untuk penyegaran roda pemerintahan karena beberapa di antaranya telah menjabat dalam waktu yang cukup lama.

"Ada yang sudah beberapa tahun lebih dan kemudian mereka di-'rolling', kecuali di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) yang jabatan kepalanya bakal diisi Pelaksana Tugas (Plt) melalui Pemilihan 'Open Biding' Pansel," katanya.

Ia berharap ratusan pejabat yang baru dilantik agar lebih mengoptimalkan kinerja di mana pun yang bersangkutan ditugaskan.

Optimasi Kinerja Pejabat Tingkat Kecamatan dan Desa

Dia mengatakan optimalisasi kinerja itu harus ditampakkan, khususnya oleh para camat dan lurah dengan memberikan pelayanan masyarakat secara cepat.

"Bisa turun langsung ke lapangan meninjau lingkungan, itu bagian dalam optimalisasi kinerja untuk melayani masyarakat," tandasnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.