8.000 Sapi Disiapkan Pemprov Sumsel Jelang Idul Adha, Menjamin Kebutuhan Masyarakat
Ilustrasi hewan kurban. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

PALEMBANG-Pasokan daging sapi segar dijamin oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mtercukupi untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Pihaknya telah menyediakan jaminan 8.000 daging ekor sapi. 

Ruzuan Effendi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, mengungkapkan kebutuhan sapi potong di Sumsel setiap perayaan Idul Adha mencapai sekitar delapan ribu ekor.

Jumlah tersebut berdasarkan data permintaan Idul Adha yang dihimpun Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan dari 17 kabupaten dan kota dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Kebutuhan hewan kurban khususnya sapi di Sumsel mencapai sekitar tujuh sampai delapan ribu ekor," kata dia.

Kebutuhan Hewan Kurban di Sumatera Selatan

Menurutnya, dari jumlah kebutuhan hewan kurban tersebut yang sudah tersedia di antaranya, sebanyak 1.500 ekor di Kabupaten Ogan Ilir, 2.000 hingga 3.000 ekor di Ogan Komering Ulu Timur, dan sebanyak 800 ekor di Ogan Komering Ulu.

"Ketersediaan di kabupaten/kota lainnya seperti Palembang saat ini sedang dalam proses pendataan tim di lapangan untuk memastikan pasokan benar-benar aman di Idul Adha ini," kata dia didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti.

Pencegahan Penyebaran PMK pada Sapi di Sumsel Jelang Idul Adha

Selain melakukan pendataan, ia mengatakan tim yang dikerahkan Pemprov Sumsel tersebut juga melakukan upaya meminimalisasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) seperti memberikan vitamin, penyemprotan disinfektan di kandang.

"Akan lebih mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah menerima vaksin dari pemerintah pusat untuk menjamin kekebalan hewan kurban dari paparan penyakit," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.