Mengapa Kita Perlu Melakukan Self Reward, Menghargai Diri Sendiri Demi Kesehatan Mental
Ilustrasi perempuan memfoto (Celine/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Menghargai diri sendiri sangat penting bagi kesehatan mental. Namun sebagian orang menganggap bahwa menghargai diri sendiri adalah sifat yang  egois dan terlalu memanjakan diri. Padahal sebenarnya tidak sebab kegiatan ini dapat membantu menjaga kesehatan mental dan memotivasi Anda bekerja lebih keras dan lebih baik lagi, serta dapat meningkatkan kepuasan diri sendiri. 

Selengkapnya, berikut beberapa alasan pentingnya  self reward  setelah kerja keras yang Anda lakukan, melansir HerWorld, Rabu, 18 Mei.

Memberi perasaan bahagia

Bayangkan Anda mendapatkan hadiah barang yang diidamkan, makanan lezat, atau liburan ke luar negeri selama seminggu. Bagaimana perasaan Anda tentang hal ini? Sangat mendebarkan dan membahagiakan. Itulah yang akan Anda rasakan saat bahagia melakukan self reward, perasaan jadi lebih. 

Saat mendapatkan hadiah (self reward), otak akan melepaskan zat kimia yang disebut dopamin, inilah yang membuat Anda merasa lebih positif dan bahagia. 

Memberi kekuatan positif

Menurut artikel dari JMC Academy, rewards dapat menjadi salah satu cara bagus untuk memotivasi Anda bekerja lebih keras lagi dalam mencapai tujuan tertentu. Ketika suatu gaya hidup atau perilaklu diikuti oleh hasil yang menyenangkan, Anda cenderung akan mengulangi perilaku tersebut dan inilah yang disebut sebagai penguatan positif. 

Artinya, ketika bekerja keras lalu mendapatkan reward menyenangkan, Anda akan mengulangi sikap kerja keras tersebut untuk mendapatkan reward lainnya di kemudian hari. Menghubungkan kerja keras dengan memberi reward secara efektif sangat baik untuk memberi motivasi.

Meningkatkan self-esteem

Selain dapat membuat perasaan lebih bahagia, self reward juga dapat membantu meningkatkan harga diri (self-esteem). Pasalnya, memberikan reward dapat memvalidasi harga diri. Ini memberitahu bahwa Anda berharga dan perasaan senang itu layak diterima. Jadi, memberikan hadiah kecil dapat membantu meningkatkan harga diri sendiri.

Melepas penat dan stres

Melakukan self reward juga bisa menjadi salah satu cara bagus untuk membantu melepaskan penat dan stres. Setelah memanjakan diri, itu akan memberikan perasaan dan energi positif yang bisa membuat Anda merasa lebih siap beraktivitas lagi dengan pikiran yang lebih segar, lebih fokus, dan lebih percaya diri. 

Melakukan aktivitas dan pekerjaan menjadi lebih mudah jika Anda tidak dalam kondisi stres, bukan?

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.