5 Tanda Anda Mempunyai Self Esteem Rendah, Berikut Cara Menghilangkannya
Ilustrasi self esteem rendah (Pexels/Shvets Production)

Bagikan:

PALEMBANG- Setiap orang wajib menghargai dirinya sendiri, tidak hanya pada orang lain. Dalam ilmu psikologi, harga diri disebut dengan self esteem atau dipakai untuk mendeskripsikan nilai diri. Self esteem dekat dengan cara menghargai, mengapresiasi, dan mecintai diri sendiri.

Menghargai diri sendiri penting dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Efeknya akan besar dalam melalui setiap lintasan hidup, seperti memengaruhi sikap dalam hubungan asmara, hubungan sosial, dan ekspresi diri.

Dalam ulasan ini, terdapat 5 tanda rendahnya tingkat self esteem. Cek daftarnya berikut di bawah.

  1. Berpandangan negatif terhadap diri sendiri

Berpikir bahwa diri sendiri adalah orang yang lemah dalam segala aspek, misalnya menganggap kurang menarik, enggak punya kemampuan, merasa ‘kecil’, dan tidak bermakna bisa jadi satu tanda self esteem rendah. Orang dengan self esteem rendah acap merasa minder dan kecil hati.

  1. Dipayungi keraguan

Tanda self esteem rendah bisa dikenali dengan menyadari sikap sehari-hari. Seperti seringkali ragu terhadap kemampuan diri, juga jadi salah satu tandanya. Setiap orang tentu memiliki kekurangan masing-masing alias enggak ada yang sempurna. Tetapi apabila meragukan kemampuan diri sendiri bisa menghambat setiap langkah dan pilihan hidup.

  1. Kesalahan diri sendiri selalu dipikir dalam-dalam

Disamping tak sempurna, manusia juga melakukan kesalahan. Nah, tanda self esteem rendah bisa dikenali dengan cara menyikapi sebuah kesalahan. Jika kesalahan diungkit-ungkit dan disesali, maka akan menemukan kerumitan dalam menemukan solusi.

4. Perfeksionis

Kesempurnaan diraih lewat proses pembelajaran dari melakukan kesalahan. Jadi, jika keliru maka perlu belajar dengan cara baru. Perfeksionis juga menandai rendahnya keberhargaan diri. Seseorang jadi berat untuk melakukan sesuatu karena mengejar kesempurnaan yang membuat enggak percaya diri.

5. Menganggap pujian orang lain adalah ukuran keberhasilan

Ukuran dari kebermaknaan diri bukan dari pujian orang lain tetapi apa yang telah dilakukan sehingga berefek positif pada orang lain. Capaian dari keberhasilan dibuat oleh diri sendiri dengan usaha keras dan support dari orang lain.

Cara meningkatkan self esteem, pertama, bisa dengan melakukan self talk atau berbicara pada diri sendiri untuk berefleksi. Ketika gelisah karena kurang percaya diri, takut gagal, dan khawatir dinilai buruk, maka cobalah untuk membuat pernyataan positif untuk diri sendiri.

Kedua, dengan menantang diri sendiri untuk belajar sesuatu yang baru. Misalnya dengan menekuni hobi baru maupun melakukan perjalanan solo.

Ketiga, menerapkan self care dengan makan makanan bernutrisi, olahraga teratur, menjaga kesehatan tubuh, dan merawat tubuh dengan baik.

Cara terakhir meningkatkan self esteem dengan mengontrol hubungan sosial. Dengan menghindari hubungan yang toxic, maka Anda telah menghargai diri sendiri.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.