7 Manfaat Olahraga Secara Rutin bagi Ibu Hamil, Calon Mama Muda Wajib Tahu!
Ilustrasi manfaat olahraga bagi ibu hamil (Freepik/Gpointstudio)

Bagikan:

PALEMBANG - Seorang ibu yang sedang hamil biasanya akan mengalami banyak perubahan pada kondisi tubuhnya. Ibu hamil juga akan memiliih makanan yang disukai atau menghindari makanan yang bisa membuat mual pada saat trimester pertama. Trimester selanjutnya berurusan dengan perubahan tubuh dan pada trimester ketiga mudah terengah-engah karena lelah.

Karena banyak perubahan yang terjadi selama 9 bulan, maka perubahan gaya hidup perlu menjadi lebih sehat. Seperti salah satunya wajib rutin olahraga karena punya manfaat kesehatan sebagai berikut ini.

1. Meningkatkan stamina dan kesehatan jantung

Secara keseluruhan, olahraga bermanfaat meningkatkan kebugaran. Bagi ibu hamil, dengan memperkuat jantung dan pembuluh darah dengan olahraga, maka mempersiapkan tubuh menghadapi persalinan dan melahirkan.

2. Memperkecil kemungkinan mengalami komplikasi

Studi yang dilakukan Ruben Barakat, dkk, pada 2012 dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa perempuan hamil yang berolahraga tiga kali seminggu lebih kecil kemungkinan memiliki bayi makrokosmik. Bayi makrokosmik yaitu bayi yang lebih besar. Menurut studi tersebut, memiliki bayi yang lebih berat dapat menyebabkan komplikasi bagi ibu dan bayi selama persalinan.

Selain studi di atas, berolahraga juga dapat menurunkan risiko diabetes gestasional. Dengan olahraga rutin setidaknya tiga kali seminggu dapat membantu menjaga kadar insulin tetap terkendali.

3. Menjaga suasana hati

Selama kehamilan, suasana hati jadi lebih rentan. Menurut studi dilansir What to Expect, Kamis, 21 April, diperkirakan 1 dari 2 perempuan melaporkan peningkatan kecemasan saat hamil. Penelitian tersebut juga memaparkan temuan bahwa dengan olahraga, endorfin yang meningkat bermanfaat membantu meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan

4. Menjaga tekanan darah seimbang

Cara cepat dan paling efektif menurunkan tekanan darah tanpa minum obat adalah dengan berjalan kaki. Rekomendasi tersebut dibuktikan oleh banyak studi, salah satunya menyarankan untuk olahraga jalan kaki teratur selama kehamilan. Karena aktivitas olahraga yang bisa dilakukan setiap pagi bermanfaat menjaga tekanan darah stabil dan tidak meningkat.

5. Melawan kelelahan

Sedikit mudah lelah mungkin dialami banyak perempuan ketika kehamilan trimester pertama. Rasa lelah akan meningkat karena lingkat perut membesar dan gerak tubuh jadi tak bisa fleksibel. Meskipun tampak paradoks, tetapi terlalu banyak istirahat justru bisa membuat Anda merasa lebih mudah lelah. Jadi perlu sedikit dorongan, meski jangan terlalu lelah, untuk berolahraga seperti jalan santai atau yoga prenatal.

6. Memperbaiki tidur

Salah satu keluhan yang dialami perempuan hamil, yaitu sulit tidur. Mereka yang berolahraga secara konsisten, selama olahraga tidak dilakukan pada saat mendekati waktu tidur, mengatakan bahwa kualitas tidur mereka lebih baik. Ditambah lagi, olahraga juga membuat perasaan lebih baik ketika bangun tidur.

7. Mempercepat pemulihan pasca melahirkan

Ternyata rutin berolahraga selama hamil manfaatnya berkelanjutan. Karena rutin olahraga, pemulihan pasca melahirkan bisa lebih cepat. Ini dipengaruhi kebugaran kehamilan dan semakin bugar akan semakin cepat pulih setelah melahirkan.

Itulah ketujuh manfaat olahraga bagi ibu hamil. Perlu dipahami bahwa olahraga perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.