23 Titik Pintu Tol Diprediksi Menjadi Titik Kemacetan Mudik Lebaran 2022, Kapolri; Harus Kita Urai
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 23 pintu tol diprediksi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal menjadi titik rawan kemacetan dalam arus mudik lebaran Idulfitri 1443 Hijriah. Seluruhnya titik kemacetan berada di ruas tol Trans Jawa.

Lebih lanjut, Listyo mengatakan berdasarkan data yang dimiliki, titik rawan kemacetan berada di wilayah Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Ada 23 gate tol yang rawan terjadi kepadatan," katanya saat rapat koordinasi lintas sektor di Mabes Polri, Kamis, 14 April.

Listyo pun mencontohkan, salah satu titik rawan kemacetan ada di Tol Jakarta-Merak KM 26. Sebab, di titik itu ada penyempitan ruas jalan.

"Ini adalah potensi-potensi perlambatan dan juga potensi kemacetan yang harus kita urai," ungkapnya.

Prediksi Kemacetan Mudik Lebaran 2022

Di sisi lain, pimpinan Polri ini pun menyebut puncak kemacetan akan terjadi pada 28 April. Tapi, diprediksi penumpukan kendaraan akan semakin parah pada 29 dan 30 April.

"Kemudian di H-1 tetap padat namun tentunya tidak sepadat di tanggal 29 dan 30 (April)," kata Listyo.

Karena itu, jajaran Korlantas diminta untuk memaksimalkan penjagaan dan menerapkan skema pengurai kemacetan di titik tersebut.

"Saya harapkan ini semua dipersiapkan sehingga kemudian masyarakat bisa betul-betul kita berikan kemudahan saat masyarakat akan melakukan mudik," kata Listyo.

Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2022

Sebelumnya, Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik lebaran 2022 terjadi pada 29 dan 30 April. Sementara untuk arus balik sepekan kemudian atau 7 dan 8 Mei.

Dengan sudah adanya prediksi puncak arus mudik dan balik, Korlantas Polri pun telah menyiapkan skema antisipasi kepadatan kendaraan.

Bahkan, skema antisipasi yang disiapkan terbagi menjadi beberapa fase. Mulai dari normal hingga kemacetan parah.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.