Persiapan Mudik 2022, Basarnas Siagakan Lima Heli di Sepanjang Tol Trans Jawa untuk Tangani Kondisi Darurat
Ilustrasi gerbang tol (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak lima unit helikopter disiapkan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) di sepanjang ruas tol Trans Jawa untuk membantu mengatasi kondisi darurat saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, di sela kunjungannya ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Senin, 11 April mengatakan mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan terjadi besar-besaran setelah dua tahun diimbau agar tidak pulang kampung.

"Lima helikopter disiagakan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Cikampek, hingga Merak," katanya dilansir Antara.

Secara keseluruhan, kata dia, 4.029 personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan siap diterjunkan di masa Lebaran mulai 25 April hingga 11 Mei 2022.

Tempat Wisata Akan Ramai Dikunjungi saat Mudik Lebaran 2022

Ia menyebutkan personel sebanyak itu juga akan didukung oleh tambahan tenaga dari.personel SAR lainnya. "Tidak ada personel Basarnas yang cuti saat Lebaran nanti," katanya.

Ia menambahkan kerawanan lain yang mungkin terjadi saat Lebaran nanti yakni tempat-tempat wisata yang akan ramai dikunjungi.

"Pada hari kedua Lebaran biasanya masyarakat akan memadati tempat-tempat wisata," katanya.

Penanganan Kondisi Darurat Mudik Lebaran 2022

Oleh karena itu, lanjut dia, potensi terjadinya kondisi darurat di seluruh tempat wisata juga menjadi perhatian Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Menghadapi arus mudik, ia mengimbau masyarakat yang akan pulang kampung untuk selalu waspada dan berhati-hati, serta menghubungi nomor kontak 115 jika mengalami kondisi kedaruratan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.