Susul Minyak Goreng, Harga Cabai dan Bawah Merah Melonjak!
Ilustrasi pasar (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan, mengungkapkan bahwa saat ini bahan pokok sedang mengalami lonjakkan harga. Tak hanya minyak goreng saja yang naik, namun peningkatan harga juga terjadi pada komoditas cabai, bawang merah hingga daging sapi maupun kerbau.

Lonjakkan harga sejumlah komoditas tersebut diketahui berdasarkan pantauan Badan Pangan Nasional bersama dengan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada Rabu, 9 Maret 2022.

"Ada sedikit kenaikan di (komoditas) cabai dan bawang merah naik," katanya, saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dikutip Kamis, 10 Maret.

Harga Cabai Naik

Adapun berdasarkan laman info pangan per 8 Maret, harga komoditas jenis cabai merah keriting naik Rp617 menjadi Rp52.702 per kilogram (kg). Sementara cabe merah besar naik Rp711 ke harga Rp55.111 per kg.

Harga Daging Sapi Naik

Sementara untuk daging sapi mengalami kenaikan sejak beberapa waktu lalu. Kenaikan harga daging tersebut dikarenakan harga yang meningkat dari hulu.

Kemudian, untuk daging sapi has (paha belakang) naik tipis sebesar Rp222 ke Rp140.666 per kilogram (kg). Lalu, untuk daging sapi murni sebesar Rp869 ke Rp137.065 per kg.

Arief mengaku akan memastikan untuk dapat melakukan stabilisasi harga pada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga. Salah satu yang tengah dilakukan adalah mendistribusikan daging sapi dan kerbau.

"PR (pekerjaan rumah) saya dengan Pak Mendag adalah lakukan stabilisasi. Jadi setelah ini action untuk daging akan kita distribusikan daging-daging yang baru datang kemarin. Ini untuk memberikan pilihan kepada masyarakat bahwa ada daging yang hot meat, frozen sapi dan kerbau," ujar Arief.

Selain harga yang mengalami kenaikan, adapula komoditas yang harga jualnya menurun, antara lain adalah bawang putih yang berada di angka Rp31.212 per kg serta gula putih pada harga Rp14.159 per kg.

"Jadi kita lihat bawang putih juga baik, gula bagus," tuturnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.