17 Rute Angkot Modern di Palembang Disiapkan Kemenhub, Mana Saja Jalurnya?
Angkot modern Palembang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penambahan sejumlah 17 rute operasional angkutan kota (Angkot) disiapkan oleh Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Moda transpotasi tersebut meruapakan angkot modern dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di kota itu.

Harnojoyo, Wali Kota Palembang, menyampaikan penambahan rute operasional Angkot modern itu dilaksanakan secara bertahap oleh Pemkot bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Angkutan Jalan (Dirjenhubdat) Kemenhub dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Di mana, dalam pelaksanaanya dari 17 rute saat ini sudah tersedia sebanyak dua rute meliputi kawasan Bukit Besar - Sematang Borang, Sematang Borang - Asrama Haji (Jalan Tanjung Api-api).

"Tahun ini ada dua rute itu, sisanya dilaksanakan secara bertahap," kata dia.

Mobil Angkot Modern dari Kemenhub Palembang

Menurut dia, Kemenhub dan Pemerintah Provinsi merencanakan mobil Angkot modern tersebut segera beroprasi di rute tersebut pada April 2022 mendatang, sekaligus, juga diintegrasikan dengan kendaraan umum lainnya di Palembang seperti kereta cepat LRT dan Bus Rapit Transit (BST).

Diketahui Kemenhub juga telah menyediakan sebanyak 5.000 kartu angkutan berisikan saldo senilai Rp25 ribu khusus mahasiswa dan pelajar yang bisa digunakan secara elaboratif untuk LRT, BRT dan Angkot selama satu bulan.

Pengintegrasian ketiga kendaraan umum itu, lanjutnya, dilakukan dalam upaya memaksimalkan program Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU) yang diluncurkan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, pada Minggu (27/2).

Kemenhub Palembang Hadirkan Angkot Modern

Sementara, Direktur Lalu Lintas Jalan Kemenhub Suharto menambahkan, adapun yang dimaksud dengan mobil Angkot modern itu karena mobil itu sudah di fasilitasi sarana penyejuk udara (AC), CCTV, GPS dan alat pembayaran non tunai (tap-cash).

Sehingga dengan fasilitas yang sudah representatif dan ekonomis itu, menurut dia, mobil Angkot modern tersebut dipersiapkan untuk menggantikan semua kendaraan Angkot konvensional di Palembang.

"Sebab bukan hanya penumpang tapi operator Angkot juga mendapat kemudahan, mereka tidak harus menunggu penumpang seperti sebelumnya karena semuanya akan dibayar berdasarkan kilometer yang mereka tempuh dengan rute yang disiapkan," tandasnya

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.