Rekomendasi 5 Jenis Makanan Sehat untuk Penghilang Bau Badan, Kini Bisa Lebih PeDe Lagi
Ilustrasi buah sehat (Oleg Magni/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Anda pasti merasa terganggu ketika bau badan menguar begitu tercium padahal sedang dalam kegiatan atau bepergian. Hal ini berawal dari keringat yang dihasilkan tubuh kemudian bercampur dengan bakteri di kulit. Tubuh lantas akan melepaskan asam berbau.

Untuk mengontrol bau badan, Anda bisa melakukan beberapa hal. Kebanyakan orang menggunakan deodorant atau bedak pencegah keringat pada area ketiak yang memang paling sering jadi penyebab bau badan.

Namun selain cara dari luar, menghilangkan bau badan bisa juga dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi makanan tepat. Para ahli menyarankan beberapa makanan penghilang bau badan.

Makanan-makanan ini mengandung senyawa secara alami bisa menyingkirkan bau badan. Kemudian ada juga makanan yang bisa melancarkan pencernaan karena berkaitan dengan pengeluaran aroma tak sedap dari tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, ini dia rekomendasi 5 makanan penghilang bau badan yang bagus dikonsumsi rutin:

Sayuran hijau

Makanan penghilang bau badan ini mudah didapat dan penuh nutrisi. Coba konsumsi rutin sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, atau sawi hijau. Jenis sayuran ini tinggi kandungan klorofil.

Klorofil dikaitkan dengan sejumlah manfaat sehat, salah satunya untuk menetralkan senyawa penyebab bau badan di dalam tubuh. Bonus lainnya, sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Makanan tinggi serat

Kesehatan pencernaan ternyata berkaitan dengan masalah bau badan. Coba konsumsi makanan tinggi serat untuk melancarkan pencernaan.

Dengan begitu senyawa-senyawa penyebab bau badan di dalam makanan bisa dibuang lebih cepat lewat kotoran dan yang keluar melalui keringat akan lebih sedikit. Konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian bisa jadi solusi.

Buah citrus

Makanan penghilang bau badan ini punya rasa menyegarkan. Anda bisa mengonsumsi banyak buah citrus seperti jeruk, lemon, atau grapefruit. Kandungan asam pada buah citrus bantu mendorong aliran air ke seluruh tubuh, sehingga meminimalkan adanya racun. Selain dimakan dalam bentuk utuh, Anda juga bisa minum jus jeruk atau air lemon di pagi hari sebagai pilihan.

Teh herbal

Teh herbal, terutama peppermint, disebut-sebut efektif sebagai makanan penghilang bau badan. Jenis teh ini melancarkan pencernaan sehingga tidak ada hal buruk tertinggal di dalam tubuh. Pilihan lain adalah teh melati. Aroma teh ini bisa membuat aroma tubuh Anda juga lebih segar.

Yogurt

Kultur aktif di dalam yogurt efektif menurunkan jumlah senyawa sulfit penyebab bau badan. Bonus lainnya, vitamin D di dalam yogurt membantu melawan bakteri pemicu bau mulut. Sebaliknya, kurangi konsumsi susu kalau Anda ingin bau badan tetap segar. Susu mengandung kolin penyebab bau badan tak sedap.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.