Produksi Tangkapan Ikan Nelayan di PPN Sungailiat Capai Sebesar Rp130,8 Miliar
Nalayan menangkap ikan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, Provinsi Bangka Belitung, mencapai Rp130,8 miliar dari volume produksi 5.000 ton lebih selama tahun 2021.

"Nilai produksi semua jenis ikan hasil tangkapan nelayan selama tahun 2021 tercatat Rp130,8 miliar atau melebihi target yang ditetapkan sebesar Rp97 miliar," kata Sub Koordinator Operasional Pelabuhan, PPN Sungailiat, Purwanti di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, nilai produksi itu kemungkinan terjadi peningkatan sampai akhir Desember 2021 karena masih terdapat sejumlah nelayan yang melakukan penangkapan ikan.

Capaian Produksi Tangkapan Ikan Nelayan di Bangka Belitung

Capaian produksi tersebut kata dia, berasal dari 325 kapal nelayan yang mendaratkan ikan atau melakukan pembongkaran hasil tangkapan dengan jenis alat tangkap yang dipergunakan pancing ulur, payang, gillnet tetap, gillnet hanyut, mini pursesine dan bubu.

"Hasil ikan tangkapan nelayan ditentukan kondisi cuaca di daerah penangkapan saat itu, dimana kondisi gelombang pasang yang disertai angin kencang biasanya hasil tangkapan mengalami penurunan," jelasnya.

Ikan Kualitas Ekspor Tangakapan Nelayan di Bangka Belitung

Dia mengatakan, distribusi penjualan ikan disesuaikan dengan kualitas ikannya, untuk ikan kualitas ekspor oleh nelayan dijual ke perusahaan eksportir sedangkan ikan kualitas lokak akan dijual langsung ke pasar tradisional atau di pelelangan.

Diingatkan seluruh nelayan yang melakukan aktivitas penangkapan baik yang menggunakan kapal penangkapan agar tetap memperhatikan keselamatan dengan melengkapi alat keselamatan karena perubahan cuaca di laut dapat terjadi kapan saja.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.