10 Rekomendasi Makanan yang Mengandung Vitamin B12, Konsumsi untuk Menjaga Kesehatan Saraf!
Ilustrasi makanan mengandung vitamin B12 (Unsplash/Miu Sua)

Bagikan:

PALEMBANG- Apabila tubuh anda kekurangan vitamin B12, anda akan lebih mudah mengalami ksemutan dan mati rasa. Kekurangan vitamin B12 juga menyebabkan depresi berat, paranoia dan delusi, jadi pelupa, dan indra penciuman serta perasa menurun.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B12 berkaitan dengan simtom depresi. Dari data penelitian tersebut, orang dewasa di Irlandia yang lebih tua berisiko mengalami atau antara usia 50 tahun ke atas.

Dilansir Harvard Health Publishing, Jumat, 17 Desember, tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah, menjaga kesehatan saraf, dan DNA. Vitamin yang penting untuk berbagai manfaat ini bisa didapat dengan mengonsumsi suplemen maupun mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 atau disebut juga dengan kobalamin.

Lantas apa saja makanan yang membantu menjaga kesehatan saraf dan membantu menyeimbangkan sel darah merah dalam tubuh? Berikut daftar makanan tersebut.

1. Daging sapi

Dalam 190 gram steak daging sapi menyediakan 467 persen DV vitamin B12. Tetapi untuk mendapatkan kandungan maksimal, disarankan untuk memilih sepotong daging sapi tanpa lemak. Cara mengolahnya juga perlu diperhatikan, alih-alih digoreng lebih baik dipanggang tanpa menggunakan minyak.

2. Tuna

Dalam sepotong tuna, tidak hanya mengandung vitamin B12 tetapi juga protein, vitamin A, fosfor, selenium, dan vitamin B3. Dalam 100 gram tuna, mengandung 453 persen DV untuk vitamin B12.

3. Sereal

Makanan serealia bisa dipilih bagi Anda yang vegan. Sereal mengandung 29 persen DV vitamin B6, vitamin A, folat, dan zat besi. Nah, dalam sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi sereal harian bisa membantu meningkatkan konsentrasi vitamin B12 dalam tubuh.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.