Gubernur Babel Menyalurkan 1.000 Bibit Kopi ke petani Melabun untuk Mengembangkan Komoditas
Gubernur Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, membagikan 1.000 bibit kopi robusta kepada petani Desa Melabun Kabupaten Bangka Tengah. Kegiatan tersebut merupakan upaya mendukung dan memotivasi petani untuk mengembangkan komoditas itu.

"Bantuan ini untuk mengembangkan potensi tanaman biji kopi dan ekonomi warga desa ini," kata Erzaldi Rosman Djohan di Desa Melabun di Jumat.

Ia mengatakan bantuan bibit kopi robusta ini, esensinya untuk memberikan berbagai alternatif bagi warga desa untuk bercocok tanam dalam meningkatkan perekonomian keluarganya.

"Kalau hasil petani bagus, tentunya akan mudah menjual kopi ini, apalagi merk kopi ini bagus," ujarnya.

Pemasaran Produk Kopi Desa Melabun Bangka Tengah

Menurut dia kalau produksinya tak maksimal, maka potensi komoditi kopi ini cukup sayang sekali. Oleh karena itu, petani jangan asal dalam pemasarannya jangan asal.

"Petani harus foto kemasan kopi dengan bagus agar diminati pasar. Kopi kita ini harapannya selain bisa dihirup di sini tapi juga bisa dijual di luar," katanya.

Petani Desa Melabun Bersemangat Mengembangkan Kopi Setelah Mendapat Bantuan dari Gubernur

Kepala Desa Melabun Darsono mengatakan bantuan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Bangka Belitung semakin membuat para petani yang tergabung dalam Poktan Bejunjung semakin bersemangat mengembangkan tanaman kopi ini.

"Saya berharap kelompok tani bisa memaksimalkan bantuan ini. Ini adalah peluang bagus kalau dikelola dengan benar. Saya optimis kami akan mengelola ini dengan baik dan menghasilkan kopi dengan kualitas yang bagus," katanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .