Gubernur Babel Bagikan Bantuan Ribuan Bibit Jahe Merah ke Pesantren
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman (Antara/kasmono)

Bagikan:

PALEMBANG - Erzaldi Rosman, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membagikan donasi sejumlah bibit jahe merah ke pengurus Pondok Pesantren Vamali Bangka.

"Saya berharap, bibit jahe merah yang banyak diminati masyarakat dapat dikembangkan di lingkungan pesantren sehingga dapat membantu pendapatan pesantren," kata Gubernur Erzaldi di Sungailiat, Senin.

Ia juga mengatakan bahwa pondok pesantren tidak hanya menjadi tempat mencari ilmu agama saja, namun juga dapat dijadikan sebagai tempat pembelajaran bagi para santri berbagai bidang seperti pertanian , ekonomi, teknologi, dan ilmu lainnya, sebagai bekal hidup saat dewasa kelak.

Jahe Merah Menjadi Komoditas Unggulan Baru Bangka Belitung

Menurutnya, komoditi jahe merah saat ini memiliki peluang pasar yang cukup besar dengan harga yang relatif stabil. Untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan, jahe merah menjadi komoditas unggulan baru Bangka Belitung Dihadapi dengan baik.

mengatakan pembeli sudah siap membeli jahe merah hasil panen masyarakat, termasuk ketersediaan Gubernur pabrik penampung.

"Ke ilmu agama, para santri tidak hanya memberikan nilai manfaat bagi masyarakat, namun juga ilmu lainnya," ujar Gubernur Erzaldi.

Gubernur Bangka Mendorong Masyarakat Menanam Jahe Merah

Dia mendorong masyarakat umum lainnya mengembangkan budidaya jahe merah atau komoditas lainnya seperti dan lada.

"Saya optimis, sektor pertanian dari berbagai jenis tanaman dapat berkembang dengan baik asalkan masyarakat dikelola dengan baik dan benar, kami akan melakukan pendampingan melalui petugas penyuluh," jelasnya.

Penanaman jahe merah sendiri bisa diterapkan di tanah yang luas, pekarangan rumah, atau di media tanam polibag.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .