7 Manfaat Sering Mengonsumsi Ikan Salmon bagi Tubuh Mulai dari Kesehatan Kulit hingga Jantung
Ilustrasi (Caroline Attwood/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Ikan menjadi salah satu olahan makanan yang banyak digemari masyarakat. Jenis ikan yang biasa dikonsumsi ada banyak macamnya. Salah satunya adalah ikan salmon. Jenis ikan yang satu ini tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tapi juga punya daging yang lembut dan sudah pasti kaya akan manfaat. Manfaat ikan salmon sendiri untuk kesehatan sangatlah bagus.

Salmon mengandung setidaknya 200 kalori dalam 1 porsinya dengan berat 3-4 ons saja. Ikan ini juga punya kadar lemak jenuh yang cukup rendah dengan sumber protein yang cukup tinggi. Sehingga tak heran jika manfaat ikan salmon sangat banyak, karena nutrisinya sendiri ada berbagai macam.

Nah, pada artikel kali ini juga akan dibahas mengenai manfaat ikan tersebut yang semestinya Anda ketahui. Yuk simak sampai habis!

Sumber Vitamin D yang Baik Bagi Tubuh

Vitamin D bisa didapatkan dengan mudah jika Anda ingin berjemur di pagi hari, tapi bila tidak bisa melakukan hal tersebut tinggal konsumsi saja ikan salmon. Sebab, salmon kaya akan kandungan vitamin D yang menyebabkannya bisa membantu perkuat tulang, kurangi risiko diabetes, cegah penyakit jantung sampai melawan kanker.

Mengkonsumsi ikan salmon dapat membantu proses produksi melanin di dalam tubuh. Melanin sendiri merupakan pigmen yang akan membantu dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Bantu Jaga Kesehatan Organ Jantung

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang amat kaya dengan kandungan asam lemak omega Dua jenis asam lemak omega 3 yang dimiliki oleh ikan salmon tersebut adalah EPA dan DHA. Kandungan ini sangat baik bagi kesehatan jantung.

Sebab, mereka dapat mencegah adanya pembentukan plak yang artinya akan melindungi tubuh dari risiko penyakit seperti stroke atau penyakit kardiovaskular.

Bantu Tingkatkan Metabolisme Dalam Tubuh

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa ikan salmon ini mengandung nutrisi asam lemak omega 3 dan juga vitamin D. Namun, nyatanya ikan tersebut juga mengandung nutrisi lainnya yaitu selenium. Dengan adanya ketiga kandungan yang disebutkan itu, membuat kadar insulin di dalam tubuh jadi lebih stabil.

Kondisi ini membuat penyerapan gula menjadi lebih maksimal sehingga memberikan dampak yang baik bagi menurunnya kadar gula dalam darah. Dengan begitu, metabolisme pun akan meningkat dan Anda bisa hidup dengan lebih sehat.

Bermanfaat Untuk Penurunan Berat Badan

Dalam proses menurunkan berat badan ada banyak sekali yang mesti dilakukan dan hal itu sama sekali tidak mudah. Demi membantu penurunan berat badan ini, Anda bisa membuat menu sehat yang terbuat dari ikan salmon.

Ikan jenis ini mampu membantu mengendalikan nafsu makan. Oleh sebab itu Anda akan merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang terbilang lama.

Bantu Membuat Mata Lebih Sehat

Salmon juga mempunyai kandungan lainnya yaitu asam amino yang dapat membuat mata jadi lebih sehat. Sebab, asam amino ini dapat mengurangi adanya masalah retina kering, degenerasi makula, mata lelah dan sebagainya.

Bahkan perlu Anda ketahui juga bahwasanya ada studi yang membuktikan tentang orang-orang yang mengonsumsi ikan salmon ternyata memiliki kualitas penglihatan yang jauh lebih baik dan lebih sehat dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Oleh karena itu, inilah alasan kenapa Anda harus rutin konsumsi ikan salmon.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Selain dengan perawatan yang rutin, memakan ikan salmon juga bisa menjadi cara yang bagus agar kulit terlihat sehat. Kandungan omega 3 pada ikan ini memang membuat Anda terlihat lebih awet muda dan memiliki kulit yang kenyal.

Selain itu, ada pula kandungan antioksidannya yang membuat kerusakan kulit akibat dari radikal bebas bisa berkurang. Sehingga sangat dianjurkan untuk Anda mengkonsumsi salmon dengan batas sewajarnya supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI  dengan judul Selain Baik Bagi Kesehatan, Ini 7 Manfaat Sering Mengonsumsi Ikan Salmon. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.