Mengenal Apa Itu Kolagen dan Perannya bagi Tubuh
Ilustrasi perawatan kulit (Mathilde Langevin/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Keberadaan protein penting bagi tubuh. Salah satu jenis protein yang dibutuhkan untuk membangun komponen tubuh adalah kolagen.

Kolagen bermanfaat memperbaiki kinerja tulang, otot, sendi, gigi, dan kulit. Sebenarnya, kolagen sendiri ada di dalam tubuh sekitar 30 persen. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin berkurang dan berdampak pada tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit kendur dan munculnya kerutan. 

Fungsi kolagen yang paling terkenal untuk kecantikan adalah dapat membantu kulit dan membantu mencegah penuaan, serta berperan penting dalam proses penyembuhan luka dan mengurangi selulit di tubuh. 

Kolagen juga bisa menjaga kesehatan sendi, mencegah kerusakan tulang rawan, meningkatkan massa otot, menjaga tulang lebih kuat, menjaga kesehatan jantung, bahkan memperbaiki suasana hati. 

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Kolagen

Beberapa tanda tubuh kekurangan kolagen yang ditandai dengan penuaan dini seperti muncul garis halus di wajah, sendi, muncul selulit, dan kerontokan rambut.

Bila jumlah kolagen sudah mulai berkurang, sebenarnya masih ada cara untuk mengembalikan kadarnya. Misalnya dengan mengonsumsi suplemen kolagen atau dari makanan yang mengandung kolagen. 

Jenis makanan dengan kandungan kolagen yang bisa dikonsumsi antara lain buah beri, kacang-kacangan, daging merah, salmon, produk susu, telur, ikan, tahu, dan sayuran hijau. 

Cara Mencegah Kerusakan Kolagen

Selain itu, ada cara untuk mencegah kerusakan kolagen alami. Biasanya gaya hidup tidak sehat berisiko menurun kolagen di tubuh jadi rusak atau tingkat produksinya. Untuk cara instan, Anda pun bisa melakukan suntik kolagen di dokter kulit . Suntik ini tentunya bisa mengembalikan kolagen alami pada tubuh yang berdampak baik pada kulit dan bikin awet muda. 

Sebagai pencegahan, Anda bisa mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat sederhana, menghindari paparan sinar matahari berlebihan, juga menghindari rokok.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .