Polda Sumsel Tingkatkan Kinerja Satpam Melalui Aplikasi 'Hebat'
Polda Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Satuan pengaman (Satpam) diperkuat oleh Polda Sumatera Selatan dengan aplikasi 'Hebat’. Aplikasi tersebut merupakan akronim dari makna kata handa, efektif, berteknologi, adaktif, dan terpercaya.

"Dengan aplikasi 'Hebat' dapat mendeteksi keberadaan satpam dari Mapolda Sumsel, mengkoordinir penempatan mereka sesuai dengan fungsinya dan memberikan penguatan personel sehingga dapat dicegah terjadinya gangguan kamtibmas," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol.Supriadi di Palembang, Kamis.

Satpam Antisipasi Kejahatan dengan Cepat Menggunakan Aplikasi Hebat

Menurut dia, pemanfaatan teknologi tersebut untuk memperkuat satpam dalam kegiatan pengamanan di kawasan perumahan, pertokoan/mal, bank, perkantoran dan tempat lainnya.

Melalui aplikasi 'Hebat' yang diluncurkan Kepala Polda Sumsel Irjen Pol.Toni Harmanto pada awal November 2021 ini, diharapkan berbagai tindak kejahatan serta potensi-potesi kejahatan dapat diantisipasi dengan cepat, katanya.

Kinerja kepolisian sangat terbantu dengan adanya satpam yang bertugas menjaga keamanan di berbagai tempat dalam wilayah provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

Kontribusi Satpam dalam Pengamanan Dianggap Remeh

Kontribusi satpam selama ini sangat banyak dan tidak bisa dianggap remeh terutama di tempat-tempat keramaian seperti bank atau di mal yang di sana tidak memungkinkan anggota kepolisian ada di sana kecuali dimintai pengamanan.

Jika di perumahan, pertokoan dan perkantoran aman, maka polisi ikut senang karena kinerja pengamanan terbantukan.

Dalam hal pengamanan, satpam bisa melakukan tindakan awal seperti mengamankan suatu kejadian lalu melaporkannya ke petugas kepolisian terdekat serta membantu pengamanan saat olah tempat kejadian perkara (TKP), ujar Kabid Humas.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.